Sunday, November 20, 2011

JOTA dan JOTI 2011

http://littlehamshack.wordpress.com/2011/08/08/jota-dan-joti-2011/


JOTA dan JOTI 2011

YC0OST Irsani Indra Putra Noor (IRSAN)

JOTA dan JOTI..mungkin bagi sebagian rekan yang membacanya tidak mengenal apa itu artinya. Namun, rekan-rekan yang pernah menjadi Pramuka atau terlibat dalam kegiatan Pramuka, tentunya sangat familiar dengan istilah ini. Ya, JOTA adalah Jamboree On-The-Air,  yang merupakan salah-satu kegiatan Pramuka secara skala Nasional, ikut berpartisipasi melakukan hubungan komunikasi melalui radio transceiver pada band HF (High Frequency), yang didukung oleh Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI).
Stasiun JOTA yang ada di seluruh dunia, termasuk Indonesia selalu melakukan kegiatan Jamboree ini secara rutin dan merupakan agenda kegiatan yang setiap tahun selalu diadakan. Bila kemudian lahirlah JOTI (Jamboree On-The Internet) itu adalah semata-mata bahwa kemajuan zaman dan teknologi yang semakin memudahkan manusia melakukan komunikasi jarak jauh, tidak hanya melalui hubungan radio atau telepon, namun juga melalui koneksi internet pun kita bisa berhubungan dan saling bertatap-muka.


Day One JOTA YCØZSM 2011

Club Station kami, ORARI Kebayoran mendapat kehormatan membimbing adik-adik anggota JOTA Pramuka dari Dewan Ambalan Shalahuddin Al-Ayyubi 07.015/07.016 MAN 4 Jakarta Selatan, yang berlokasi di daerah Pondok Pinang (dekat pintu masuk Tol Pd Pinang – seberang Gedung FEDEX). Kegiatan JOTA dan JOTI yang diadakan serentak di seluruh penjuru tanah air pada band amatir, merupakan kegiatan tahunan dan kali ini adalah yang kedua kalinya kami mendapatkan kesempatan membantu adik-adik Pramuka ber-JOTA pada sekolah ini.
Sebagai penanggung-jawab adalah rekan dari ORARI Kebayoran, OM Meizon YCØMEI (Kabid Organisasi Lokal) dan dibantu oleh beberapa anggota dan Pengurus ORARI Kebayoran lainnya seperti saya sendiri YDØOST (Wakil Ketua), YBØMAP (Ketua Lokal), YCØDQT (Humas Lokal), YCØOLK (Sekretaris Lokal), YDØPCV (Kabag Operasi), YDØOXA (Wakil Sekretaris) juga YDØOLJ (Kesekretariatan). Sebetulnya penanggung-jawab awalnya adalah OM Anto Siagian YDØPCV, namun berhubung dari Stasiun Induk JOTA di YBØZS mengisyaratkan bahwa kakak Pembimbing ORARI harus setingkat YC (Yankee Charlie/Penggalang), maka YCØMEI mengambil alih tanggung-jawab.

Hari Pertama tentunya kami mendirikan stasiun dengan memasang wire-diapole antenna 40M dengan bentangan sejauh lebih kurang 20 meter dan menggunakan balun yang dikerek diatas tiang bendera sekolah. Hal yang sama dilakukan pada pelaksanaan JOTA tahun lalu di tempat yang sama.

Sebetulnya kami ingin memasang untuk 80M, namun mengingat SWR yang tidak sesuai dan tidak ‘match’, maka kami hanya melalukan tuning di 40M saja. Peralatan radio yang tadinya membawa radio transceiver dari Sekretariat Lokal yaitu Kenwood TS-430S dan satu radio cadangan Yaesu Ft-707, dengan antenna tuner Daiwa 419, dan Power Supply Alinco. Namun ternyata kondisi mic bawaan TS 430 tidak maksimal dan akhirnya menggunakan radio cadangan Yaesu FT-707.

Sayangnya pada hari kedua, yaitu pembukaan JOTA secara resmi di sekolah, saya tidak bisa hadir karena harus berangkat ke Bandung Selatan. Sehingga tidak bisa membantu banyak pelaksanaan JOTA tahun ini. Namun Alhamdulilah bahwa ternyata penyelenggaraan JOTA di sekolah ini berjalan dengan lancar dan sukses, tanpa kendala yang berarti. Untuk JOTI, kelihatannya mereka tidak mengalami masalah, karena sifatnya real-time-conversation dalam program mIRC yang relatif ‘mudah’ dan tidak membutuhkan peralatan yang canggih, hanya sebuah laptop dan modem yang terkoneksi dengan internet.

Memang terjadi penurunan jumlah stasiun JOTA yang berhasil didapatkan pada tahun ini, namun mengingat kondisi ini juga menimpa sebagian besar stasiun JOTA lainnya maka adik-adik Pramuka ini tidaklah terlalu kecewa. Kegiatan ini memang sungguh menyenangkan bahwa adik-adik Pramuka diajarkan mengenai teori dan teknik berkomunikasi menggunakan ‘Operating Procedure’ yang benar dan baik, juga mengenal Kode Etik Amatir dan Q-Code yang sering dipakai oleh Amatir Radio secara universal.

Pemberian materi training pada hari kedua oleh OM Anto Siagian YDØPCV, yang merupakan KaBag. Operasi di ORARI Lokal Kebayoran. Beliau didampingi oleh OM Meizon YCØMEI (KaBid.Organisasi) yang sudah sangat senior dan menguasai sekali mengenai seluk-beluk organisasi dan teknik ‘operating procedure’. Pada hari ketiga sebagai hari penutupan Jamboree, pada akhir kegiatan maka setiap stasiun JOTA melaporkan mengenai jumlah stasiun yang diperoleh, berapa jumlah anggota Pramuka dari setiap tingkatan penggalang dan penegak, kemudian siapakah penanggung-jawab pada stasiun kepada Stasiun Induk JOTA di YBØZS.

Foto Bareng Pramuka Ambalan MAN 4 YCØZSM dan ORARI Kebayoran

Papa Foxtrot! Stasiun JOTA – YCØZSM pada Dewan Ambalan Shalahuddin Al-Ayyubi 07.015/07.016 MAN 4 JAKARTA

Kami dari ORARI Lokal Kebayoran mengucapkan Terima Kasih dan Sampai Bertemu lagi pada kegiatan JOTA berikutnya, maafkan bila ada kekurangan dan semoga kalian mendapatkan ilmu yang bermanfaat untuk diaplikasikan kepada masyarakat dan tanah-air. Amin ya rabbal alamin.

Salam Pramuka, Salam ORARI 73

YC0OST Irsani Indra Putra Noor (IRSAN)


http://littlehamshack.wordpress.com/2011/08/08/jota-dan-joti-2011/

1 comment: