Sunday, August 18, 2013

Materi Ujian Amatir Radio

https://www.facebook.com/groups/orari.indonesia/doc/10150512258047930/




Bagaimana menjadi Amatir Radio ?

Beberapa posting menanyakan tentang bagaimana caranya menjadi Anggota ORARI.
Mudah-mudahan tulisan ini bisa memberikan informasi.

BAGAIMANA MENJADI AMATIR RADIO ?

Menjadi amatir radio tidaklah sulit, semua tergantung pada kemauan dan tekad anda sendiri. Untuk menjadi amatir radio, anda wajib mengikuti Ujian Negara Amatir Radio yang diselenggarakan oleh Pemerintah.

Materi ujian Amatir Radio terdiri dari :
- Pengetahuan Pancasila
- Teknik Elektronika Dasar
- Peraturan Perudang-undangan mengenai Keamatirradion

Untuk ujian kenaikan tingkat, materi sama dengan diatas dan ditambah :
- Kode Morse
- Bahasa Inggris
- Teknik Elektronika tingkat Lanjut.

Selanjutnya untuk menanyakan informasi dan jadwal penyelenggaraan ujian negara amatir radio di tempat anda silahkan menghubungi ORARI Daerah/Lokal terdekat ( http://www.orari.or.id/orda.php ) .

Untuk panduan Materi Ujian Amatir Radio silahkan lihat di:
(tnx to YC0MLC)

Download Bank Soal Ujian Amatir Radio (siaga/penggalang/penegak) :

Bagi yang ingin mencoba ujian amatir radio dapat mengikuti
Simulasi Online Ujian Amatir Radio (siaga/penggalang/penegak) : 
(tnx to YB1LZ)

KELAS/TINGKATAN LISENSI AMATIR RADIO :

Amatir Radio di Indonesia dibagi dalam kelas/tingkatan lisensi, sebagai berikut :

- TINGKAT PEMULA
Ujian tingkat Pemula meliputi Pengetahuan Pancasila, Elektronika Radio Dasar, dan Peraturan Perundang-undangan Keamatirradioan. Amatir tingkat Pemula hanya diperkenankan bekerja VHF (2m) dan UHF (70cm). Daya pancar yang diperkenankan maksimal 50 watt. Amatir Radio tingkat Pemula akan diberi nama panggilan / callsign dengan kode awalan (prefix) : YH. Lisensi tingkat Pemula berlaku untuk 2 tahun.

- TINGKAT SIAGA
Ujian tingkat Siaga meliputi Pengetahuan Pancasila, Elektronika Radio Dasar, dan Peraturan Perundang-undangan Keradioamatiran. Amatir Siaga diperkenankan bekerja di band HF (80m, 40m, 15m, 10m), VHF (2m) dan UHF (70cm). Khusus band 15m dan 10m hanya mode telegrafi dan digital. Daya pancar yang diperkenankan maksimal 100 watt pada band HF dan 75 watt di band VHF/UHF. Callsign tingkat Siaga ditandai dengan prefix : YD atau YG. Lisensi tingkat Siaga berlaku selama 3 tahun.

- TINGKAT PENGGALANG
Amatir radio tingkat siaga yang telah memegang lisensinya sekurang-kurangnya 6 bulan dapat mengikuti ke-naikan tingkat ke Penggalang. Materi ujian sama dengan tingkat siaga yang diberi bobot lebih, dan ditambah uji bahasa Inggris dan kode morse 5 WPM (word per minute).
Amatir Penggalang diperkenankan bekerja pada seluruh band radio amatir, kecuali band 30m, 20m, 17m dan 12m. Daya pancar maksimal 500 watt (HF) dan 200 watt (VHF/UHF). Callsign Amatir Radio tingkat Penggalang ditandai dengan prefix : YC atau YF. Lisensi tingkat Penggalang berlaku selama 5 tahun.

- TINGKAT PENEGAK
Amatir tingkat Penggalang yang telah memegang lisensi sekurang-kurangnya 1 tahun dapat mengikuti kenaikan tingkat ke Penegak. Materi ujian sama dengan tingkat Penggalang dengan bobot tingkat lanjut (advanced), dan uji kode morse 8 WPM.
Amatir Radio tingkat Penegak memiliki hak-hak penuh sebagai amatir radio, dan dibenarkan bekerja di seluruh band amatir radio dengan seluruh moda komunikasi yang tersedia. Daya pancar maksimal 1000 watt (HF) dan 500 watt (VHF/UHF). Callsign untuk tingkat Penegak ditandai dengan prefix : YB atau YE. Lisensi tingkat penegak berlaku untuk 5 tahun.

Mengenai apa itu Amatir Radio ?.. silahkan kunjungi :

No comments:

Post a Comment