Tuesday, March 17, 2015

QRZ.COM Award - Apa Dan Bagaimana by YD4IRS

http://sandes.us/blogs/1/9/qrz-com-award-apa-dan-bagaiman

QRZ.COM Award - Apa Dan Bagaimana






Selayang Pandang

www.qrz.com Sebuah penyedia database QSL info amatir radio dari seluruh dunia, hampir semua amatir radio menggunakannya dan memiliki akun disana. Selain menyediakan data QSL info, qrz.com juga menyediakan fasilitas penyimpanan logbook, sehingga kita dapat memeriksa, mengedit, menambahkan data qso pada logbook tersebut kapan saja dimana saja.

Perkembangan terakhir, qrz.com kini telah mengeluarkan sebuah program award, yang mana serupa dengan program award lainnya yang mensyaratkan konfirmasi qso sesama amatir radio. Pada saat tulisan ini dibuat, terdapat 4 jenis award yang disediakan oleh qrz.com yaitu DX World, Continent Of The World, Worked All States dan Grid Squared.




Persyaratan untuk mendapatkan award-award tersebut tidaklah jauh berbeda dengan award-award sejenis namun dengan penerbit yang berbeda. Misalnya untuk DX World Award persyaratannya mirip dengan DX Century Club Award atau CQ DX Award yaitu dapat membuktikan bahwa telah memiliki QSL dari 100 DX Entity. Demikian pula dengan Continen Of The World yang mensyaratkan QSL dari 6 kontinen didunia, sedangkan Grid Squared Award mensyaratkan QSL dari 100 stasiun amatir yang berada pada grid locator yang berbeda. Dan terakhir Worked All States mensyaratkan QSL dari seluruh state yang ada di USA.

Award pada qrz.com juga memiliki pilihan mode untuk setiap awardnya, terdapat tipe Mixed, Phone, Digital dan CW, serta disediakan pula endorsement untuk setiap bandnya. Sebuah keunikan dari program award ini adalah untuk yang gratisan, amatir yang telah meraihnya tidak mendapatkan sebuah sertifikat baik dalam bentuk file digital atau cetak, melainkan hanya mendapatkan sebuah “badge” yang dimuat pada halaman pribadinya di qrz.com.





Dengan dimuatnya badge award tersebut maka semua orang di seluruh dunia akan mengetahui bahwa amatir yang bersangkutan telah mendapat pengakuan dari qrz.com. Namun demikian, jika amatir radio yang telah cukup syarat mendapatkan award qrz.com ingin memiliki versi cetak dari award tersebut, maka qrz.com juga menyediakannya dengan membebankan fee award beberapa US dolar saja.





Demikian selayang pandang qrz.com award, untuk lebih detilnya pembaca dapat melihat langsung klausul yang berlaku pada http://files.qrz.com/static/qrz/operating-award-rules-v1.pdf


Kredit

Untuk dapat ikut serta dalam program award qrz.com, anda diwajibkan memiliki dan menyimpan data QSO anda pada qrz.com, karena konfirmasi/QSL yang dijadikan kredit adalah kesamaan data QSO dengan amatir radio lain yang juga menyimpan data QSO pada qrz.com. Penulis belum mandapatkan referensi adanya kemungkinan mendapatkan kredit dengan cara lain semisal mengirimkan kartu QSL yang kita miliki.


Lalu bagaimana cara menyimpan data qso anda pada qrz.com ? Silahkan ikuti langkah berikut ini dengan tampilan gambar akun milik penulis YD4IRS :
Siapkan data QSO anda dalam bentuk file ADIF.
Login kedalam akun qrz.com anda dan buka halaman pribadi anda (biasanya www.qrz.com/db/calsignanda ). Lalu pada sudut kanan atas klik callsign anda lalu pada dropdown menu klik My Logbook.


Pada tampilan logbook silahkan klik SETTINGS



Lalu kirimkan file AIDF yang telah disiapkan tadi ke qrz.com dengan mengklik IMPORT.



Tergantung berapa besar file, banyaknya data QSO dan kecepatan koneksi internet anda proses pengiriman dapat memakan waktu beberapa menit, jika telah selesai klik LIST untuk menampilkan data QSO anda pada qrz.com logbook.



Ulangi proses diatas untuk menambahkan data QSO baru. Saran saya sebaiknya anda tidak menggunakan file ADIF dalam satu kesatuan jika ingin mengirimkan data baru ke qrz.com. usahakan data yang ada pada file ADIF adalah data yg memang belum pernah dikirim ke qrz.com, ini bertujuan untuk memperkecil ukuran file ADIF sehingga anda tidak membutuhkan bandwidth internet yang besar atau waktu yang lama untuk mengirimkan file tersebut ke qrz.com.
Lalu perhatikan data QSO pada logbook qrz.com anda. Jika anda melihat sebuah tanda bintang pada sebuah data QSO, itu berarti data QSO tersebut juga ada dalam logbook milik amatir radio lain, dengan adanya kesamaan data tersebut maka qrz.com mengakui bahwa QSO terbut telah terkonfirmasi dan sah sebagai kredit award qrz.com



Lalu apakah kredit anda telah mencukupi untuk mendapatkan award qrz.com ? Silahkan anda periksa dengan meng-klik Awards



Pada halaman ini akan ditampilkan logbook yang diperiksa kreditnya (dalam gambar adalah YD4IRS Logbook), peraturan yang berlaku pada qrz.com award, dan juga daftar award yang telah anda dapatkan. Dan anda dapat memerintahkan qrz.com untuk memeriksa apakah jumlah kredit yang ada pada logbook anda telah mencukupi untuk syarat sebuah award. Silahkan anda klik lambang award yang ingin anda periksa (pada gambar dipilih DX World Award).



Setelah menunggu beberapa saat, Maka qrz.com akan menampilkan hasil analisa data logbook anda dengan perincian : Tipe award yang diharapkan, jumlah kredit yang ada dan berapa kurangnya, serta perincian QSO mana yang dijadikan kredit. Bahkan qrz.com menampilkannya dalam bentuk peta yang dapat memudahkan kita mencari kredit yang diperlukan. Pada peta terdapat 3 warna yaitu merah berarti belum ada data QSO sama sekali, kuning artinya sudah ada data QSO namun belum terkonfirmasi/QSL dan hijau berarti ada QSO dan telah terkonfirmasi.



Jika kredit anda telah mencukupi maka akan muncul tombol Apply Award dan jika anda klik tombol itu maka qrz.com akan memprosesnya lalu menampilkan badge award pada halaman qrz.com anda. Pada contoh gambar diatas YD4IRS hanya memiliki 98 kredit dari 100 kredit yang disyaratkan, sehingga tombol apply award belum dapat terlihat.


Sampai disini yang harus anda lakukan adalah terus berQSO dan mengulang langkah-langkah tersebut diatas hingga jumlah kredit anda mencukupi untuk persyaratan award qrz.com.






Jalan Lain Ke Rumah Romlah


Sesaat setelah qrz.com mndeklarasikan program awardnya, banyak komentar dari beberapa amatir radio yang mengatakan bahwa award ini lebih sulit jika dibandingkan dengan award lain dengan persyaratan yang sama. Kesulitan yang terkemuka adalah bahwa tidaks etiap amatir radio memiliki akun qrz.com bahkan yang membuatnya lebih berat lagi adalah tidak semua akun qrz.com menyimpan data QSOnya pada logbook qrz.com, sedangkan qrz.com award hanya mengakui konfirmasi/QSL pada persamaan logbook antar amatir radio.


Upss....!!! Tunggu dulu. Pernyataan barusan senyatanya tidaklah benar. qrz.com mengakui dan menambahkannya sebagai kredit jika seorang amatir radio memiliki QSO yang terkonfirmasi pada Logbook Of The World (LoTW) milik ARRL. Artinya ? Ya, Jika kita telah berQSO dengan seorang amatir radio yang memiliki akun pada qrz.com tetapi tidak menyimpan data QSOnya pada qrz.com atau bahkan stasiun tersebut tidak memiliki akun pada qrz.com, tetapi QSO tersebut telah terkonfirmasi pada LoTW maka kita dapat menambahkan data QSO tersebut kedalam logbook qrz.com kita dan terhitung sebagai kredit yang sah untuk mendapatkan qrz.com award.


Jadi, setelah anda mengirimkan file ADIF anda ke qrz.com dan menghitungnya mungkin saja anda hanya mendapatkan 80 kredit DX yang terkonfirmasi berdasarkan logbook qrz.com dan anda dianggap belum berhak mendapatkan DX World Award qrz.com. Senyatanya, pada akun LoTW anda telah terdapat 110 DXCC yang terkonfirmasi. Jika anda memberikan data QSO anda yang ada di LoTW ke qrz.com maka qrz.com akan mengakuinya dan menambahkan kredit anda sehingga andapun telah dapat meraih DX World Award dari qrz.com. Bahkan anda dapat menggabungkan 2 data tersebut, sebagai contoh, pada akun LoTW YD4IRS hanya ada 97 DXCC yang terkonfirmasi, sedangkan pada qrz.com logbook YD4IRS hanya mendapatkan 87 DX entity, setelah saya menggabungkan 2 data tersebut maka kredit YD4IRS pada qrz.com menjadi 98 entity artinya ada 1 QSO yang datanya tidak ada di LoTW tetapi ada di qrz.com.


Saya belum melihat senyum anda, baiklah saya jabarkan langkah-langkahnya.
Login ke akun qrz.com dan buka logbook anda lalu pilih SETTINGS
Pada pilihan LoTW Access Enable klik tombol SETUP



Kemudian isikan callsign anda pada kotak LoTW Username lalu klik SAVE



Sekarang anda perintahkan qrz.com untuk mengambil semua data yang ada pada akun LoTW anda dengan meng-klik tombol Download From LoTW



qrz.com akan menanyakan password akun LoTW anda, ketikkan dan klik OK, maka qrz.com akan mengambil semua data QSO baik yang belum atau yang sudah terkonfirmasi pada akun anda langsung dari server LoTW. Jika anda menyimpan begitu banyak QSO maka anda harus bersabar menunggu proses tersebut sampai selesai.



Proses pengambilan data QSO dari LoTW telah selesai, dan anda dapat kemabli ke logbook anda dan lihatlah perubahan konfirmasi QSO yang ada setelah penambahan data dari LoTW


Jika anda memiliki kredit DXCC pada LoTW telah mencapai 100 atau lebih, maka setelah melakukan proses diatas silahkan anda lakukan pemeriksaan award pada qrz.com, niscaya anda akan terkejut melihatnya. Lalu bagaimana membedakan antara kredit yang terhitung pada qrz.com dan yang ada dari LoTW ? perhatikan gambar berikut.





Semoga bermanfaat.


DE YD4IRS


73


    No comments:

    Post a Comment