Friday, December 9, 2011

Contest & DXing eQSP 1111

Contest & DXing eQSP 1111


YBØKO Bam 




Barangkali inilah klub-nya para jawara, atau setidaknya para calon jawara.

Betapa tidak, bahkan untuk sekedar bisa terdaftar sebagai anggota pun seorang calon anggota harus dapat mengnunjukkan atau melampirkan bukti dari ke-DXer-annya, berupa salah satu dari:
 Award dari salah satu kontes internasional (kontes berskala Nasional tidak berlaku), atau
 Salah satu award dari DXCC Awards yang dikeluarkan oleh ARRL, atau
 QSL cards dari minimal 5 Benua (AF, AN, AS,EU, NA, SA (OCEANIA tidak berlaku)

Mungkin persyaratan yang paling sederhana (tapi tidak bisa ditawar lagi) adalah pendaftar harus sudah tercantum di QRZ.com, yang secara tersirat menandakan bahwa ybs. SUDAH dan akan mudah untuk dikenali (dan dihubungi) secara internasional.

Gagasan mendirikan Klub ini awalnya bergulir sekitar 5 tahun yang lalu di antara para DX-ers yang lagi berkumpul di Sanur, Bali dalam rangka menghadiri MUNAS VIII dan Bali Hamfest  2006. Hampir semua yang hadir waktu itu sebelumnya sudah tergabung dalam grup BBM yang di-admin-i Imam YB4IR, sehingga Komunikasi (dan koordi- nasi) selama ini dapat terjalin baik walaupun  dipisahkan oleh jarak karena berasal dari call areas yang berbeda. Saat itu Dani YB2TJV spontan merespon dengan membuat logo dengan nama Yellow Banana DX  (lihat di hal.8), yang merupkan cikalbakal bagi nama YB-land DX Club - usulan Karsono Suyanto YBØNDT yang akhirnya (setelah melewati beberapa pertimbangan sampai proses voting)  disetujui sebagai nama Klub.

Perjalanan waktu membawa para penggiat awal ini ke tgl. 13 Sepember 2011  yangmerupakan hari terakhir bagi pemungutan suara/ voting, yang kemudian dianggap sebagai “hari kelahi- ran” YB-landDX Club.


Klub  yang  bermotto  DX-ing  is  our  life  dengan  VISI:
CHALLENGE to be A DX-ER, DARE to be a DX-ER ini sampai saat e-QSP edisi I/4 ini disiapkan sudah men- jaring 41 anggota, yang dalam daftar yang dapat dili- hat di http://www.ybdxc.net/ mencantumkan:

YBDXC #001, YB4IR IMAM RAHARJ0
YBDXC #041, YB7KNV  JIMMY RACHMAT WINATA

masing-masing di baris pertama dan baris terakhir.

YBØKO Bam 


No comments:

Post a Comment