Sunday, December 11, 2011

Seri Mendapatkan DXCC Award, 0306

Seri Mendapatkan DXCC Award, 0306


DXCC Sulit? Tidak Juga!  Hal yang Harus Dimiliki Agar Sukses, Lanjutan  


Donny Sirait, YB1BOD ex YB6LD

Belajar  mengetahui kapan harus memanggil dan mendengar
Saya sering mendengar seseorang memanggil dan memanggil terus sehingga mengganggu jalannya pile up. Dia bahkan tidak tahu kalau stasiun DX itu telah memanggilnya; karena itu prinsip monitor, monitor dan monitor itu sangat penting untuk diterapkan. Pelajari karakter stasiun yang dituju dan sesuaikan cara ope- rating kita dengan karakter stasiun yang kita tuju. Misalnya jika sedang memanggil “Number 6 please!”, saya, YB1BOD, tidak merespons karena akan membuat stasiun yang dituju gusar & membuang waktu. Pelajari teknik tail ending dengan baik se- hingga tidak mengganggu jalannya pile up. Dengan mempelajari karak- ter stasiun yang dituju maka tingkat keberhasilan kita mendapatkannya akan semakin tinggi.

Gunakan  berita  DX/DX Cluster 
Internet banyak menyediakan bule- tin DX gratis. Jika Anda tidak pu- nya akses Internet dari rumah, co- balah warnet dan download buletin DX secara reguler (dapat disimpan di disket dan dicetak di rumah). Si- tus yang dapat dikunjungi misalnya 425DXnews, Ohio Penn dan ba- nyak lagi. Anda bisa menggunakan search engine www.google.com de- ngan kata kunci DX bulletin untuk mencari situs Internet yang terse- dia, biasanya di sana terdapat link ke situs lain.

Majalah amatir radio seperti QST dan CQ Amateur Radio punya kolom DX yang memberi informa- si tetapi sering agak terlambat. Ada berita DX yang dapat kita peroleh melalui berlangganan seperti QRZ DX dan The DX Bulletin, tetapi jika ada yang gratis mengapa tidak? Uangnya lebih berguna untuk membeli green stamps. Selain buletin DX di Internet, juga tersedia DX Cluster seperti DX Summit yang memberi informasi DX terkini yang terpantau (untuk kota-kota tertentu di Indonesia, fasilitas ini bisa diak- ses melalui jaringan radio paket). Sayang, informasi DX Cluster ini ti- dak selalu dapat kita pakai langsung karena ketidaksamaan lokasi pela- pornya. Saya berharap suatu saat di Indonesia terbentuk suatu jaringan radio paket DX Cluster yang isinya di masukkan oleh kita sendiri se- hingga datanya dapat langsung kita pakai. Softwarenya sudah tersedia se- cara gratis, tinggal hardwarenya (Siapa mau jadi sponsor?).


Pakailah  Logbook  elektronik 
Saya tidak anti logbook tradisional, DXCC saya catat secara manual; di jaman informasi sekarang agaknya terlalu naïf jika kita mengabaikan software gratis yang bagus untuk kita pakai menggantikan pena dan ker- tas. Keuntungan menggunakan log- book elektronik adalah kita dapat mengetahui dengan cepat apakah kita masih membutuhkan stasiun tersebut untuk suatu award yang di- inginkan sehingga waktu kita dapat digunakan dengan efisien. Kita juga tidak perlu capek lagi dalam mengi- si kartu QSL untuk mengirimnya. Administrasi DXCC mulai meng- gunakan LOTW (Logbook of the World) di mana para DXer harus mengirim data QSOnya secara elektronik ke ARRL untuk catatan dan verifikasi mereka. Dengan “tanda tangan elektronik”, kita dapat mengakses catatan DX kita dan mengetahui apakah kita sudah memenuhi kualifikasi DXCC (jadi tidak perlu lagi mengirim kartu QSL ke ARRL untuk verifikasi).

Janganlah gatek, ini sudah abad ke 21! Walau pun begitu yang ingin ditekankan di sini adalah: buat cata- tan QSO Anda dengan baik sehing- ga Anda dapat mentabulasi hasilnya dengan mudah. Hal yang perlu di- ingat dalam menggunakan logbook elektronik adalah selalu membuat backup data log kita di tempat yang terpisah sehingga jika terjadi sesu- atu hal terhadap komputer, kita ma- sih punya salinan yang dapat digu- nakan. Bayangkan hasil bertahun- tahun hilang karena tidak adanya backup, sesak rasanya hi hi hi :-).

Buatlah  target  pribadi Anda secara  spesifik
Untuk mempertahankan tingkat motivasi, perlu dibuat target (goal) pribadi karena tiap orang berbeda dalam hal finansial, lokasi, waktu dan sebagainya. Target seperti men- dapat DXCC dalam 6  bulan bukan hal yang mengada-ada dengan tips yang saya kemukakan di atas, asal Anda memegang teguh komitmen. Bergerak  di atas 100 mulai lebih sulit, apalagi lewat 250. Kita perlu juga menetapkan target lain seperti mendapatkan piagam WPX, WAZ atau lain yang tidak kalah menarik.

Beruntunglah  Anda yang punya buku kumpulan piagam yang diter- bitkan Ucok (Lumban), YB0WR pemegang 5BWAZ phone pertama dari Indonesia atau mengenal orang yang mempunyainya (untuk dipin- jam) karena buku tersebut sudah tidak diterbitkan lagi. Di sana terda- pat ratusan contoh piagam yang te- lah diperoleh YB0WR serta persya- ratannya sehingga dapat dijadikan petunjuk untuk mendapatkannya. Sekarang ada sebuah buku panduan sejenis oleh K1BV maupun RSGB tetapi menurut pendapat saya, belum ada yang menandingi edisi terbitan YB0WR.


Semua ini adalah saran; alangkah baik kalau kita dapat memenuhinya. Buat  satu rencana untuk menguasai semua pada suatu waktu tertentu. Hal  lain yang perlu diperhatikan adalah kesemuanya ini membutuh- kan dukungan dana yang tidak sedi- kit, karena itu buat rencana sesuai dengan keadaan finansial. Itu sebab kita harus punya komitmen pada target yang telah kita sesuaikan dengan keadaan, kita bukan meniru orang lain.                                [73]

referensi: Buletin Elektronis Orari News, BeON Edisi 6/III, November 2003, email penulis sekarang yb6ld@yahoo.com

No comments:

Post a Comment