Wednesday, April 25, 2012

MAN ON MISSION

Judul diatas tidak adanya hubungannya dengan bulan April, tapi sangat erat hubungannya dengan Amatir Radio, karena meru- pakan judul dari sebuah DVD/movie yang dirilis pada awal Januari 2012 di Amerika, yang merupakan kompilasi dari reka- man audio video tentang penerbangan Richard A. Garriott W5KWQ ke stasiun angkasa antarbangsa ISS di tahun 2008 .


Pada artikel bertajuk “OKTOBER, bulan penjelajahan ruang angkasa” di majalah m-ORARI edisi Oktober 2008 saya menulis:
… tanggal 12 Oktober 2008 jam 07.01 UTC wahana angkasa Soyus TMA-13 meluncur dari kosmodrom Baikonur menuju ISS (International Space Station) yang mengorbit pada ketinggian sekitar 300 Km di atas Bumi, dengan membawa awak ISS Ex- pedition 18 yang terdiri dari astronaut Michael Fincke (komandan), flight engineer Yury Lonchakov dan pelancong angkasa Richard Garriott W5KWQ,  amatir radio dan konglo- merat AS - yang untuk bisa ikut dalam penerbangan Soyus TMA-13 ini harus membayar 30 juta dollar melalui biro per- jalanan (antariksa) Space Adventurer Ltd., yang bekerja sama dengan RCS Energia (NASAnya Russia).
…. Richard Garriott adalah putra Dr. Owen Garriott W5LFL, amatir pertama yang ber-QSO dari Space Shuttle STS-9 ke Bumi di tahun 1983).

“Like father (W5LFL) like son (W5KWQ)”
Astronaut Dr. Owen Garriott (kanan) sempat menengok anaknya di tempat latihan bagi awak ekspedisi ISS di Gagarin Zvezdny Gorodok (Star City) di dekat Moskow.

Dalam kehidupan pribadinya Richard Allen Garriott (lahir 4 Juli 1961 di Cambridge,UK) adalah wirausahawan dan konglomerat di industri computer games.
Ia mengawali karier dibidang ini di usia 18 tahun, saat sebagai programmer di toko ComputerLand di waktu senggang mem- buat program video game Akalabeth. Pemilik toko yang tertarik berhasil meyakinkan Garriott Jr bahwa video game rancang- annya ini laik jual. Dengan modal 200 dollar dan gambar sampul yang dibuatkan ibunya - Helen Garriott - yang memang pekerja seni  professional,  Richard  merilis  disket  game  pertamanya. Tidak banyak yang terjual, tapi salah satu pembelinya adalah boss dari California Pasific, yang kemudian menggandakannya secara profesional. Dari sebanyak 30.000 keping yang terjual, Richard mendapatkan 5 dollar per kepingnya.
Kerjasama dengan California Pasific berlanjut sewaktu Garriott kemudian merilis computer game serial Ultima, sampai di tahun 1983 Garriot bersama kakaknya Robert mendirikan Origin Systems yang menangani penerbitan, pemasaran dan distribusi computer games yang dirancang dan dikembangkannya.
September 92 Origin Systems dijual ke EA (Electronic Arts), tapi Garriott tetap ikut sebagai programmer, sampai April 2000 dia keluar untuk bersama kakaknya dan Starr Long (produser Ultima versi on line) mendirikan Destination Games (fokus di bisnis on line games, yang disusul Portalarium  (2009, untuk on
line games lewat jejaring sosial).
Demikianlah Garriott Jr membangun “kerajaan” bisnis computer games dan on line games (a.l. Ultima on line, Privateer on line dan Harry Potter on line), yang membuat di usianya yang relatip muda  termasuk  salah  satu  milyarder  (dalam skala  dollar)  di negaranya. Di samping sanggup membayar 30 juta dollar untuk penerbangan ke (dan tinggal 11 hari di) ISS, Garrett juga meng”koleksi”  Luna  21  (modul  pendarat)  dan  Lunokhod  2 (rover/penjelajah di permukaan Bulan) ex Russia yang sekarang disimpan di museum pribadinya yang berada di kompleks istana “Britannia Manor”-nya di Austin, Texas.
Lagi-lagi untuk membuktikan “kegilaan”nya dengan hal-hal yang futuristik, upacara pernikahannya yang diumumkan di New York Daily News pada 3 Juni 2009 pun dilakukan dalam keadaan tanpa bobot (zero-gravity) di atas  G-Force One, pesawat Boe- ing 727-200 yang didesain khusus (mau menyaingi pesawat kepresidenan Air Force One, kalééééé…..) milik Zero-G Corp., perusahaan penerbangan yang menawarkan sensasi terbang dalam  kondisi  tanpa  bobot,  dimana  Garriott  duduk  sebagai salah seorang pendirinya ■

“…. berangkaaaaat !!!”,
12/10-2008, Richard Garriott W5KWQ (deret depan paling kanan )

No comments:

Post a Comment