Saturday, April 21, 2012

Tips-tips DXPedition

Tips-tips DXPedition 

YE1P -  tim operator

Tips-tips berikut dapat membantu kita bagaimana caranya mempersiapkan dan melakukan dxpedition agar lebih menyenangkan dan tentu saja tidak merepotkan. Kalau ada yang kurang tolong ditambahkan. Saya kirim ke BeON untuk dipublikasikan:

Sebelum pelaksanaan:
1.  Donorlah darah Anda sebulan sebelum pelaksanaan. Donor darah memungkinkan tubuh mengganti sel darah yang didonor dengan sel baru. Dalam 4 minggu ke depan, sel darah baru akan memberi manfaat stamina prima.
2.  Minumlah multivitamin secara rutin dua minggu sebelum pelaksanaan.
Terutama vitamin C, ini untuk mencegah tubuh “kelelahan nutrisi” serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit sepele sebelum pelaksanaan. Pilih tidak perlu terlalu mahal, vitamin C 500 mg sudah cukup.
3.  Minumlah pil kina seminggu sebelum pelaksanaan. Obatnya yang tersedia di apotik adalah “Resochin”, harganya Rp. 1.500, 2 bungkus @ 4 table sudah cukup. Dosis yang harus diminum adalah 300 mg (2 tablet) cukup sekali  efektif untuk 1 minggu di muka. Obat lain, jika menderita sakit tertentu, juga disiapkan. Hati-hati, tanyalah dokter Anda apakah efek obat Anda jika diminum bersamaan waktu dengan vitamin dan pil kina.
4.  Pastikan telah mengetes semua perangkat, mengepaknya, serta membuat daftar barang keluar tiga hari sebelum pelaksanaan. Ini berguna agar kita siap mengirim barang-barang berat terlebih dahulu. Daftar barang dibuat untuk memastikan perangkat kembali utuh setelah pelaksanaan.
5.  Siapkan perangkat pribadi dua hari sebelum pelaksanaan. 
Perangkat pribadi ini misalnya:

a.  Perangkat ibadah (1 set).

b.  Sebagai kebutuhan primer, siapkanlah:
-  Pakaian resmi (1 set, biasanya sebelum [yang ini langsung pakai] dan setelah kegiatan ada acara- acara penting yang mengharuskan kita “jaga image”)
-  Pakaian tidak resmi (3 set, pilih yang menyerap keringat dan ringan dipakai, kalau bisa jangan putih sebab nampak mudah kotor, warna pucat lebih baik terutama untuk DXPedition di wilayah suaka agar hewan-hewan tidak terlalu terganggu dengan kehadiran kita. Bawalah diterjen/ sabun cuci Biodegreable (katanya cinta lingkungan!) untuk mencuci pakaian tersebut jika pelaksanaan lebih dari 3 hari). Jika sudah diberikan kaos resmi, kurangi jumlah kaos yang akan dibawa ke lokasi 
-  Peralatan mandi. Jangan mengandalkan rekan lain; Banyak penyakit yang bisa menular melalui kulit. Bawalah sabun dan shampoo kebiasaan Anda; tentu Anda tidak ingin tiba-tiba jadi putih gara-gara pinjam sabun Shinzui si X dan tiba-tiba jadi botak karena shampoo si Y memang untuk mengurangi rambut di kepala :)
-  Lain-lain:
* Topi cukup 1 buah tetapi yang besar untuk menghindari panas
* Jaket lengan panjang cukup 1 buah tetapi berguna untuk segala kondisi dan cuaca. Rompi tidak terlalu membantu banyak.
* Kadang-kadang payung berguna untuk dipakai pada kondisi tertentu (kalau terbuat dari logam, lumayan bisa jadi parabola).
* Pewangi tubuh dan napas supaya tidak dijauhi rekan hi hi hi...
* Krim anti-UV juga berguna untuk mencegah kulit Anda menjadi sehitam arang kala balik ke QTH
* Kalau ada sarana rekreasi macam pantai untuk renang, bawa saja pakaian renang
* HT siap dibawa wira-wiri untuk koordinasi (chargernya jangan digabung dengan hamshack di atas lho!)

Tas pinggang untuk meletakkan semua benda-benda kecil (dompet, HT, kamera)
CATATAN: semakin sedikit yang dibawa, semakin baik karena semakin enteng bawanya dan semakin sedikit kemungkinan tercecer.

Saat pelaksanaan:
0.  MULAI DENGAN DOA.
1.  Tidak semua orang kuat jalan jauh. Obat “Antimo” bisa membantu bagi orang- orang tersebut, tetapi membuat kantuk sehingga tidak bisa menikmati keindahan alam saat diperjalanan
2.  Peralatan semacam kamera digital atau discman  bisa juga dijinjing untuk mengabadikan momen dan mengusir kebosanan saat diperjalanan. Jangan lupa film/batere+charger!
3.  Tidak ada ATM dan RBS di pulau kecil.
Jadi sebaiknya siapkan uang secukupnya. HP tidak dibawa juga tidak apa-apa lha “No Signal”, kecuali kalau perjalanannya lama bisa dimanfaatkan untuk koordinasi dan menelepon.
4.  Setelah sampai, siapkan perangkat sesuai checklist. Catat siapa penanggungjawabnya.
5.  Bekerjalah dengan schedule yang baik dan working frequency plan. Tidak usah ngoyo kalau propagasi memang tidak memungkinkan. Sering-seringlah ubah posisi duduk, kalau perlu CQDX sambil jalan kecil ^_^. Jangan menantang matahari, selain mengganggu penglihatan juga akan terasa panas.
6.  Gunakan komputer untuk logging. Sering-seringlah backup data. Buat juga diary harian, nantinya digunakan untuk menyusun laporan kegiatan. Untuk mode SSTV, gambar-gambar fresh dari lokasi lebih baik sekaligus sebagai media iklan keindahan alam.
7.  Jika dapat shift malam, gantilah tidurnya dengan waktu yang dilebihkan untuk memulihkan kondisi. Kurangi bercanda gurau yang terlalu “nyerempet” sebab kondisi lelah dan stress menyebabkan orang mudah menjadi emosi.
8.  Minum kembali pil kina pada hari pelaksanaan dengan dosis yang sama, diulang seminggu kemudian pada hari yang sama jika DXPeditionnya lebih dari 1 minggu.  Jika menderita sakit tertentu, perbanyak istirahat serta minum obat seperti biasa.
9.  Sebelum tidur, minumlah multivitamin.
Cukup sekali sehari, kalau lebih malah beresiko perih berkemih dan lambung karena vitamin C yang bersifat asam. Pakai anti nyamuk untuk mencegah serangga menikmati darah dan kulit Anda.
10. Cucilah baju. Selain menyiapkan baju untuk lusa, menggerakkan otot juga membantu memulihkan kepenatan
11. Mandi dua kali sehari, makan 3 kali sehari — kurangi ngemil/merokok dan perbanyak minum air mineral — dan menggosok gigi setelah makan adalah praktek akan memberikan kesan “charming” dan higienis.

Setelah kegiatan:
1.  Semua log langsung disimpan/upload. Ini sangat penting karena inilah catatan utama kegiatan DXPedition
2.  Kembali minum pil kina selama 2 minggu ke depan dengan dosis dan cara yang sama. Jadi, 2 bungkus pas habisnya
3.  Semua barang keluar harus kembali utuh. Bandingkan dengan checklist awal
4.  Kumpulkan semua kenangan (foto/film) dan tulislah pengalaman yang dialami disana. Bersama dengan rekan lain, ini bisa digunakan untuk laporan kegiatan. Kalau bisa, dijadikan VCD atau dikirim ke BeON :)
5.  Rayakan penutupan dengan laporan aktual dan “lesson learned”.

YE1P -  tim operator



No comments:

Post a Comment