Wednesday, June 27, 2012

YBDXC pada JakFox 2012

YBDXC  pada JakFox 2012, Lapangan IRTI-MONAS, 23-24 Juni 2012

Karsono Suyanto  - YBØNDT
YBDXC#008


Event JakFox adalah kegiatan field day  yang rutin di selenggarakan oleh Orari Daerah DKI Jakarta dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun DKI Jakarta. Tempat pelaksaaan pun masih seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu di Lapangan IRTI MONAS.

Pada event tahun 2012 ini, YBDXC turut ambil bagian meramaikan event tersebut dengan membuka stand utk kegiatan eyeball qso,  private workshop tentang logger,software contest maupun LoTW. 

Tugu Monumen Nasional (Monas dari stand YBDXC)

Jam 09:00 WIB saya sudah tiba di lokasi. Stand YBDXC bersebelahan dengan stand OM Taufan YBØAI. Om Taufan YB0AI hampir tak pernah absen membuka stand pada acara-acara hamfest maupun field day. Stand Om Taufan sangat menarik, karena selain menjual peralatan komunikasi seperti radio HF, jumper Teflon, microphone homebrew, tuner, bracket antenna, antenna mobile dan antenna untuk base station. 

Kali ini ada hasil karya om Taufan yang baru yaitu Antenna Log Periodic. Antena made in YBØAI turut serta di pamerkan pada acara ini. Dan Om Taufan pun  dengan senang hati memasang radio HF ICOM IC 718 pada stand YBDXC. Antena hanya terpasang pada ketinggian kurang lebih 6 Meter.


Inilah Stand YBDXC, Om Djoko YB1TJ sudah tiba di lokasi .

Om Yongki YBØCOU, Om Djoko YB1TJ dan Om Taufan YBØAI memasang IC 718 pada stand YBDXC, Antena yang di pergunakan Log Periodik 5 Band (14 Mhz, 18Mhz,21Mhz,24Mhz, dan 28Mhz)

Om Taufan YB0AI sedang dial Frekwensi 

Saya dengarkan pada band 15 M, sangat jelas sekali terdengar station-station dari JA,BD,HL yang sedang melakukan Dx ing, antenna log periodik buatan Om Taufan YB0AI sangat baik receive nya.

Hari semakin siang, satu persatu kawan-kawan member YBDXC hadir di stand. Yang surprise buat saya adalah kehadiran Om Budi YF1AR. Spesial untuk Om Budi YF1AR terima kasih sudah menepati janjinya. Hehehehehehehhehe

Om Budi YF1AR dan Om Yongki YBØCOU. Om Yongki YB0COU terima kasih yah Roti nya. Enak sekali lho. 

 Om Djoko YB1TJ sedang menginstall Logger HRD di notebook nya Om Yongki YB0COU. 

Om Har YBØMWM dan Uncle Bam YBØKO mampir juga di stand YBDXC 

Om Hen YCØQR dan Om Mustafa YCØISE hadir juga di JakFox, membawa notebooknya untuk di install kan Logger32.

Suasana penuh tawa canda, saat menginstall Logger 32 pada notebook nya Om Hen YC0QR. Hehehehhehe

Menjelang petang Om Hotang YCØIEM juga menyempatkan diri untuk hadir di stand YBDXC

Saya pun berjalan mengelilingi arena JakFox, saya juga sempat mengunjungi stand ORARI DKI Jakarta

Inilah  Stand Orari DKI Jakarta. Wow Ternyata ada juga spanduk team contest saya YEØX, dan ada juga sebuah mobil Land Rover untuk mendukung komunikasi jika terjadi bencana.

Karena penasaran saya hampiri mobil tersebut . Wow ternyata di dalamnya terdapat radio komunikasi repeater yang siap di pergunakan sewaktu-waktu bila terjadi bencana. 

Ada juga gandengan  mobile yang di lengkapi dengan tower. Jika terjadi bencana, maka gandengan tsb akan langsung bisa di operasikan ke lokasi bencana dan sangat menunjang dukungan komunikasi bencana.

Demo mendirikan tower . Luar biasa, dan sangat membantu pada saat terjadi bencana. 

Tidak lupa juga saya mampir di Stand 7.070 Mhz. Ada Mbak Hani YCØUI di sana. 

Mampir dahulu sebelum pulang. Nah ini dia… lomba The best mobile antenna ukuran 2x5/8 lamda. Masih ramai dan seru. 

Hari sudah semakin gelap, lampu Monumen Nasional pun sudah menyala, waktunya  saya berpamitan dengan teman-teman semua. Sungguh sangat berkesan Jakfox 2012 kali ini. 

Regards:
Karsono Suyanto  - YBØNDT
YBDXC#008

1 comment:

  1. Very nice to read your writing OM...
    Sorry i wasn't there on Saturday, and also missed the logger32 installation activities...:-)
    Good luck YBDXC..

    Irsan de YC0OST

    ReplyDelete