Monday, January 6, 2014

Logger 32 Install by YB0NDT

Logger 32 Install
By: Karsono Suyanto - YBØNDT

Salah satu logger yang saya gunakan untuk mengolah data-data QSO adalah Logger 32. Selain handal, logger 32 ini juga mudah di install pada Desktop dan Notebook.
Logger 32 bisa di download secara gratis pada address: www.logger32.net, berikut ini tahapan-tahapan proses download, install, setting dan penggunaannya secara dasar.



Click download dan simpan filenya pada hardisk notebook / anda, karena filenya berbentuk unzip file, sebaiknya pada notebook dan desktop telah di install software winzip atau winrar terlebih dahulu.



Folder lgr32full3481 adalah hasil file hasil download pada website logger32 dot net.



Click Folder tsb dan pilih setup. Click setup dan installasi mulai di lakukan pada notebook/desktop anda.
  



Setelah selesai di install akan meng create Icon baru spt pada gambar.
 


Tarik Icon tsb ke desktop, lalu click icon logger 32



Setelah icon di click akan muncul new window spt pada gambar. Isi Callsign anda pada kotak . Lalu click tombol I will strictly comply the Term and Condition use



Setelah itu, kita harus mengatur susunan kotak-kotak sesuai yang kita inginkan


 



 Untuk melakukan setting data-data apa saja yang akan kita tampilkan pada log book, kita lakukan langkah sbb: Click kanan pada kolom mana saja pada logbook, pilih Setup, lalu pilih Grid Layout



Pilih tampilan kolom mana saja yang mau di tampilkan pada log book dan previous qso, jika tidak mau di tampilkan, tanda centang di hilangkan.




Pada gambar di atas, inilah kolom-kolom yang mau saya tampilkan meliputi:  Band, Call,CNTY,Comment, Contest ID, CQZ (CQ Zone), DXCC, FREQ,IOTA, dsb.



Langkah selanjutnya adalah mengatur band plan… Click pada tulisan Freq nanti akan keluar kotak seperti pada gambar di atas. Isi kolom Frequency dengan 14200, Band from Band Plan di centang, demikian juga Mode From Band Plan di centang. Lalu click Apply.



Saya mencoba memasukan frequency 21050 pada kolom call… setelah saya enter maka mode berubah otomatis menjadi CW. Demikian saat anda memasukkan frekwensi 7150, maka akan berubah menjadi SSB
  



Mengaktifkan Telnet untuk melihat DX Spoting caranya:
Click kanan pada tulisan merah Telnet, akan keluar kotak seperti pada gambar, pilih Connect to K4UGA. Pastikan desktop / notebook anda terhubung ke jaringan internet.
Perhatikan baik-baik, pada kotak Cluster kolom ke dua dari kiri masih ada tulisan Telnet

  


Perhatikan baik-baik lagi, setelah kita pilih Connect to K4UGA maka tulisan telnet pada kolom kedua dari kiri berubah menjadi K4UGA, kita click pada  tulisan K4UGA, nanti akan otomatis keluar tulisan Callsign, lalu isi callsign anda dan enter.



DX Spot telah berhasil di aktivkan, kini Logger 32 siap untuk di gunakan.




Sekarang saya ingin melakukan QSO di 20m, pertama-tama saya harus mengetik terlebih dahulu Frekwensi yang ingin saya pergunakan utk QRV pada kolom Call. Misalnya saya ingin QRV di 14.200 Mhz, maka saya cukup ketik 14200 pada kolom CALL seperti pada gambar, lalu enter, dan mode akan berubah otomatis menjadi SSB.



Contoh logbook yang telah di isi beberapa data QSO… Selamat mencoba…mudah sekali bukan ..
Saya yakin anda pasti bisa…. Pertama kali  saya belajar Logger 32, saya di pandu oleh Om  Syarif JG1WCT – YB1FWO yg saat itu berada di JA dengan sabar Om  Syarif memandu saya menggunakan blackberry nya. Terima kasih banyak om Syarif…..


1 comment:

  1. Om Ndut, sekalian panduan untuk utility logger 32 dongm tnx de Zen YB0MZI/4

    ReplyDelete