Monday, June 2, 2014

Claim Worked All Japan prefectures Award

de YB0NDT
Karsono Suryanto



Claim Worked All Japan prefectures Award


 
Salah satu award yang di keluarkan oleh Japan Amateur Radio League – JARL adalah WAJA (Worked All Japan prefectures Award). Syaratnya adalah: kita harus berhasil QSO (cukup satu QSO 2 Way mode apa saja) dengan amatir radio yg berada di 47 Province di Japan. 

Ke Empat puluh tujuh province itu adalah : 
Aichi, Akita, Aomori, Chiba, Ehime, Fukui, Fukuoka, Fukushima, Gifu, Gunma, Hiroshima, Hokkaido, Hyogo, Ibaraki, Ishikawa, Iwate, Kagawa, Kagoshima, Kanagawa, Kochi, Kumamoto, Kyoto, Mie, Miyagi, Miyazaki, Nagano, Nagasaki, Nara, Niigata, Oita, Okayama, Okinawa, Osaka, Saga, Saitama, Shiga, Shimane, Shizuoka, Tochigi, Tokushima, Tokyo, Tottori, Toyama, Wakayama, Yamagata, Yamaguchi, Yamanashi.

Cara termudah mendapatkan provice tersebut adalah dengan mengikuti Japan International DX Contest yang setiap tahun di laksanakan pada bulan April (CW) dan November (Phone). Pertukaran report untuk DX Contester adalah 5/9 Zone Number sedangkan utk  amateur radio JA melakukan pertukaran report 5/9 Prefecture Number.
 



Daftar Prefecture Number saat contest JIDX

Tanggal 1 May 2014,hari Libur Labour Day,  saya sempatkan untuk membuka logsheet Dx ing saya dan juga logsheet JIDX Contest yang pernah saya ikuti. Tidak lupa saya download form application yang terdapat pada website JARL   http://www.jarl.or.jp/English/4_Library/A-4-2_Awards/Award_Main.htm 



Click A Sample of Application Form (doc), setelah selesai di download, lalu save form tersebut pada komputer kita. 


Form Aplikasi setelah selesai di download


Saya lalu mulai mengisi formulir aplikasi tersebut dengan data-data QSO yang pernah saya lakukan dengan station-station dari JA khususnya di 40m band.  



Untuk biaya awardnya  saya memilih menggunakan 16 buah IRC Coupon yg saya kumpulkan saat menerima Direct QSL Card. Dan untuk award ini tidak memerlukan QSL Card, yang di butuhkan hanya kejujuran kita.





Akhirnya selesailah sudah saya mengisi formulir aplikasinya.  
Formulir aplikasi siap saya kirim ke alamat:
Japan Amateur Radio League - Award Desk 
1-14-5 Sugamo, Toshima, Tokyo 170-8073, JAPAN

Tanggal 3 May 2014, Aplikasi sudah saya kirimkan Via Post ke Japan. Sekarang saya hanya tinggal menunggu award tersebut datang.

Tanggal 22 May 2014, setiba saya di rumah saya mendapatkan kiriman dari JARL, langsung saya buka dan benar saja kiriman tersebut adalah Award WAJA yang saya claim .
 

Claim award yang sangat cepat, hanya 20 hari setelah saya kirimkan aplikasi via post, award sudah sampai di QTH saya, sangat profesional sekali. Terima kasih JARL ….

de YB0NDT
Karsono Suryanto




 


No comments:

Post a Comment