Friday, June 27, 2014

LOGBOOK of THE WORLD (LoTW).

YC0QR
Hendro S Joedho

LOGBOOK of THE WORLD (LoTW).


LoTW adalah satu  sistem pendokumentasian  QSO dan QSLing  secara elektronik & online yang sistemnya dibuat dan dikelola oleh ARRL.  Sistem ini juga sekaligus akan melakukan confirming/ matching  atas data QSO yg dimasukkan oleh pengguna LoTW lainnya, sehingga tidak perlu lagi dilakukan pengiriman kartu QSL baik langsung/direct maupun melalui buro organisasi  untuk memperoleh konfirmasi atas QSO yg sudah dilaksanakan.

Pengguna LoTW tinggal memasukkan data QSO-nya baik yg menggunakan loging system elektronik seperti N1MM, Logger32, HRD dll  ataupun secara manual membuat file ADIF (Amateur Data Interchange Format) dengan menyalin data QSOnya dari logbook manualnya dan menguploadnya ke LoTW.        (Daftar logging software bisa dilihat di : http://www.arrl.org/lotw-resources).

Bila kawan QSOnya (ma’af saya menggunakan istilah “kawan” utk mengganti kata “lawan”) juga pengguna LoTW dan sudah mengupload data QSOnya serta  bila kedua data tersebut cocok/matched maka keduanya akan memperoleh konfirmasi atas QSO yg telah dilaksanakan tersebut.
Penggunaan LoTW ini gratis, fee hanya dikenakan kepada pengguna LoTW bila akan mengajukan klaim/aplikasi untuk memperoleh  award seperti halnya juga dikenakan juga pada paper QSL.

A.        REQUEST
Bila kita belum menjadi pengguna LoTW (LoTW User) dan berminat untuk menggunakan LoTW, maka langkah2nya sebagai berikut :

1.         Upload/install Program Software LoTW – TQSL di komputer yang akan digunakan, yang bisa diperoleh di : http://www.arrl.org/tqsl-download  
Pilih program software yang akan didownload/install sesuai OS yg digunakan di komputer kita apakah MS Windows, Mac atau Linux dan  klik  “Go Now”.
Apabila proses intalasi selesai, maka selanjutnya  icon TQSL akan muncul pada layar  komputer 

2.         Buka TQSL dengan meng-klik icon TQSL  tsb.
3.         Pada tampilan yg muncul sorot “Callsign Certificate” dan klik  “Request New Callsign Certificate”.
4.         Isikan callsign anda, DXCC entity – pilih INDONESIA.
QSO begin date dan QSO end date” adalah tgl awal dan tgl akhir kita melakukan QSO – untuk mudahnya bisa diabaikan, anggap saja kita QSO sejak tahun 1945, sedangkan selesai QSO kapan kita tidak tahu.     Data ini utk Dxpeditioner atau special callsign/event yg sifatnya temporer.        Setelah itu klik “NEXT”
5.         Pada kolom berikut diisi data Nama dan alamat lengkap.  Klik “NEXT”
6.         Isi account e-mail yang kita gunakan, jangan salah tulis karena certificate utk LoTW akan dikirim ke alamat e-mail ini.  “NEXT”
7.         Isikan password yang akan kita gunakan utk LoTW ini.  Kalau kita menggunakan komputer pribadi,  bisa diabaikan (tanpa password).  “NEXT”.
8.         Pada jendela terakhir ini – karena kita baru akan mengajukan permintaan certificate, maka pilihan akan default “UNSIGNED” – langsung klik “FINISH”.
9.         Akan muncul pertanyaan utk UPLOAD – Apakah kita akan mengupload/mengirim permintaan certificate LoTW ini sekarang.  Buat apa tunggu ? Klik – “YES”.  Format yg kita kirim langsung ini adalah TQ5 yg dulu harus kita kirim/upload melalui LoTW.
10.     Apabila telah selesai dikirim, maka bila kita lihat pada “Callsign Certificates”, akan muncul  callsign kita dan sebagai contoh : YC0QR-INDONESIA yang didepannya ada tanda lingkaran merah disilang.
11.     Kecuali permintaan secara online tadi, kita juga harus mengirimkan data kita melalui Kantor Pos, berupa :
a.       Fotocopy IAR (Izin Amatir Radio) yang masih berlaku
b.      Fotocopy ID lainnya (KTP, Passport).
Ke alamat  : 
ARRL – LoTW Adm.
225 Main Street,
Newington, CT  06111-1494
USA
Pengiriman dokumen IAR & KTP/Passport ini bisa lebih dahulu dari permintaan online ini, atau setelahnya.


B.        UPLOAD CERTIFICATE.
1.       Setelah Administrator LoTW/ARRL mencocokan data dan validitas dokumen yang diterima melalui online dan per pos tadi serta bila tidak ada kesalahan/masalah, maka mereka akan segera mengirimkan certificate LoTW untuk kita melalui e-mail  (nama file = callsign dg extension TQ6).
2.       File TQ6 ini kita save ke salahsatu folder di komputer kita untuk memudahkan kita mengambilnya untuk diupload di LoTW.
3.       Kita masuk lagi ke TQSL dengan meng-klik logo TQSL (logo kunci kuning spt contoh di atas)
4.       Lalu kita masuk/klik “Callsign Certificate” –  pada daftar pilihan di sebelah kanan kita pilih “Load a Callsign Certificate” – ada panah hijau.
5.       Selanjutnya kita pilih file yang sudah kita terima dari ARRL via e-mail (TQ6) – lalu klik “OPEN”.
6.       Apabila semuanya  tidak ada masalah, maka pada akun LoTW kita tanda yg semula berupa lingkaran merah disilang, akan berubah menjadi “pita kuning”. 


C.        UPLOAD DATA QSO
1.       Untuk pengguna LoTW yang masih menggunakan logsheet/logbook konvensional  berupa buku dapat memindahkan data QSOnya ke dalam ADIF file terlebih dahulu.
2.       Dari  akun LoTW kita setelah klik TQSL/kunci kuning, kita klik kotak ketiga  “Create an ADIF file for signing and uploading”
3.       Isi QSO data dg menyalin dari logbook yg kita miliki, cukup 5 baris data saja (callsign,UTC date, UTC time, mode, band) – Perhatikan format untuk  DATE/TIME jangan sampai salah.
4.       Penyalinan data berikutnya setelah data 1 selesai, klik “ADD” demikian seterusnya.
5.       Apabila seluruh data selesai disalin, maka klik “OK”
6.       Berikan nama pada file ADIF tsb, misalnya bila kita akan meng-upload data QSO setiap bulan maka berikan nama file sesuai bulan data QSO yg kita upload, misalnya “MEI”, “JUNI” dst.
7.       Selanjutnya file tsb bisa langsung kita upload ke LoTW dg meng-klik “Sign a log & upload it automatically to LoTW” atau bila kita blm akan meng-upload ke LoTW, maka kita klik “Sign a log & save it for uploading later”.
8.       Setelah klik “Sign a log & upload it automatically to LoTW”,  maka kita pilih/sorot nama file yg akan kita upload (misalnya : JUNI.adi) – lalu klik OPEN.
9.       Pada jendela “Select station location or signing”  sorot/block  callsign/QTH kita lalu klik “OK”

10.   Pada jendela TQSL-Confirm signing, jika isinya sudah OK – klik YES

11.   Jendela berikutnya = QSO Date Range – bisa diabaikan langsung klik OK.

12.   Masukkan password kita (saat kita upload certificate) atau langsung OK, bila kita tidak menggunakan password.

13.      Setelah semua OK, maka akan muncul pesan “D:\LoTW\2014\TEST.adi: Log uploaded successfully with result " File queued for processing"!
After reading this message, you may close this program.
14.   Selanjutnya kita bisa cek ke LoTW apakah data tadi sudah ter-upload dan mungkin juga sudah ada konfirmasi – tergantung sibuk-tidaknya server LoTW dan apakah rekan QSO kita juga Pengguna LoTW dan juga sudah meng-upload data QSOnya ke LoTW.
15.   Cek ke LoTW dengan meng klik “Log in to Logbook of The World Site”

Catatan :
Untuk yang menggunakan electronic logging seperti N1MM, HRD, Logger32 dsb, proses uploadingnya langsung dari point 8.

YC0QR
Hendro S Joedho





LOGBOOK of THE WORLD (LoTW) 2


Sementara ini (entah sampai kapan) LoTW hanya bisa digunakan untuk pembuktian adanya confirmed QSO guna mendapatkan awards DXCC dan WAS (Worked All States) yg diterbitkan oleh ARRL dan WPX (World Prefix Award) yang diterbitkan oleh CQ Magazine.
Untuk memonitor akun LoTW kita guna untuk mengetahui :
-          Seluruh QSO yang sudah kita upload ke LoTW,
-          Seluruh QSO yang sudah dikonfirmasi (confirmed) oleh stasiun DX yang sudah dihubungi,
-          Sudah berapa banyak point yang terkumpul dari QSO kita untuk meng-klaim award
Caranya adalah sebagai berikut :
1.       Masuk ke akun LoTW kita bisa melalui TQSL dengan icon kunci kuningnya lalu klik kotak terbawah “Log in to the Logbook of The World Site”.
2.       Log on dengan memasukkan User Name dan Password – klik kotak Log On.
3.       Kita akan masuk ke halaman  “Welcome to Your Logbook of The World Account Home Page”

Data di pojok kanan atas adalah tanggal hari ini, callsign kita, jumlah QSO yang sudah kita upload dan jumlah QSL (QSO yang sudah dikonfirmasi oleh teman QSO kita).
4.       Dari baris jendela kuning yang tersaji, bila kita klik jendela kedua (Your QSOs), maka dari halaman yg muncul kita bisa melihat posisi QSO kita dengan orang lain.  Isi callsign yg dicari pada kolom “Callsign worked” lalu klik “Submit” di kotak sebelah kanannya.
5.       Kita juga bisa melihat daftar QSO kita yang sudah QSL/confirmed dengan klik kotak “Most Recent QSLs” di sebelah kanan atau daftar QSO yg kita upload dengan klik “Most Recent QSOs” yang tertera di bawahnya.

6.       Untuk membuat award account kita – klik jendela ketiga = “Awards” .   Untuk DXCC Award akan secara otomatis muncul bila kita sudah menerima konfirmasi/QSL via LoTW ini. Sedangkan untuk awards lainnya kita harus buat/create sendiri,  seperti WAS yg kita create lalu kita beri nama, misalnya WAS-YC0ISE.
7.       Jendela ke 4 = “Find Call” digunakan untuk mengetahui kapan seseorang/sebuah call sign terakhir mengupload data QSOnya.  Caranya dengan mengisi callsign yg akan kita lihat pada kolom putih/blank lalu klik “Look for callsign”, maka di atasnya akan tersaji kapan ybs mengupload data QSOnya ke LoTW.  Cara ini sering saya gunakan untuk melihat apakah QSO saya dengan  ybs – belum dikonfirmasi atau memang “not on his/her log”.
8.       Jendela “Upload File”  dulu saya gunakan untuk meng-upload log QSO yang saya buat  (TQ8) atau certiicate request (TQ5) -  tapi karena sekarang bisa langsung diupload secara otomatis, tidak saya gunakan lagi.
CMIIW

YC0QR
Hendro S Joedho













1 comment:

  1. artikel yang bagus ...apa bisa saya copy di blog saya www.blog.ht717.com ..terima kasih

    de YF3CIF

    ReplyDelete