Wednesday, November 12, 2014

CQ WPX Award - Apa Dan Bagaimana by YD4IRS

http://sandes.us/blogs/1/5/cq-wpx-award-apa-dan-bagaimana


CQ WPX Award - Apa Dan Bagaimana

Robby Sandes YD4IRS



Definisi 

CQ WPX Award adalah sebuah pengakuan terhadap seorang amatir radio (club) yang telah dapat membuktikan bahwa dirinya telah melakukan QSO yang sah dengan amatir radio lain yang memiliki prefix unik (berbeda) dan sah dengan jumlah yang telah ditentukan. Sesuai dengan judulnya award ini dikelola dan diterbitkan oleh CQ Magazine.
Penekanan "yang sah" pada QSO yang dimaksud artinya semua aturan main tentang sebuah QSO yang valid juga berlaku, dan pada penekanan pada prefix unik yang sah artinya prefix tersebut masih dinyatakan berlaku, jadi bila anda pernah QSO dengan sorang amatir radio dengan callsign yang telah dinyatakan tidak berlaku, maka callsign tersebut tidak dapat dijadikan sebagai kredit yang sah.

Kredit WPX
Jadi untuk mendapatkan award ini kita harus mengumpulkan prefix callsign yang berbeda-beda, misalnya YD1, YD2, YG1, YG2, K1, W1 dan masih banyak lagi, berdasarkan penggunaan umum amatir radio kredit WPX adalah kombinasi dari sebuah prefix dan call area atau kombinasi huruf dan angka awal dari sebuah callsign khusus misalnya LZ100ZS maka kredit WPXnya adalah LZ100. Perlakuan khusus juga diberlakukan untuk QSO yang dilakukan dengan stasiun amatir radio yang sedang portable, YC8HUU/1 dihitung sebagai YC1, YB8/F4ELH dihitung sebagai YB8, F/DM5KK dihitung sebagai F0 jadi jika dibandingkan dengan DX entities maka dalam 1 DX entities dapat memuat beberapa kredit WPX. Untuk stasiun yang menggunakan /M, /MM, /A, /P ATAU sejenisnya tidak dihitung sebagai sebuah kredit WPX. Semua QSO harus menggunakan callsign yang sama, kita tidak dapat mengakui QSO dengan W1AW sebagai kredit WPX untuk YD4IRS jika pada saat berQSO menggunakan 9M2/YD4IRS atau menggunakan YD4IRS/0.

Kategori Dan Endorsement

CQ WPX Award diterbitkan pada beberapa kategori dan endorsement.
CQ WPX Award Mixed. Minimal kredit WPX 400
CQ WPX Award SSB. Minimal kredit WPX 300
CQ WPX Award CW. Minimal kredit WPX 300
CQ WPX Award Digital. Minimal kredit WPX 300
Untuk setiap kategori memiliki endorsement pada setiap band dengan minimal kredit WPX 1.8 MHz - 50, 3.5 MHz - 175, 5 MHz - 175, 7 MHz - 250, 10 MHz - 250, 14 MHz - 300, 18 MHz - 300, 21 MHz - 300, 24 MHz - 300, 28 MHz - 300, 50 MHz - 250. Juga terdapat endorsement untuk setiap continent dengan perhitungan North America 160, South America 95, Europe 160, Africa 90, Asia 75, Oceania 60.

Yang dimaksud dengan kategori adalah jenis award yang dapat langsung kita ajukan sesuai dengan kriterianya dan endorsement adalah tambahan golongan award yang dapat kita ajukan setelah kita memenuhi kriteria kategori. misalnya, pertama kita harus ajukan CQ WPX Award CW dengan jumlah kredit 300 WPX dengan mode CW, lalu jika dari 300 kredit itu ternyata sejumlah 175 kredit dilakukan pada band 80 meter, maka kita baru dapat mengajukan endorsement 3,5 Mhz, kemudian jika ternyata dari 300 kredit tersebut sejumlah 60 kredit berasal dari continent Oceania maka kita juga dapat mengajukan endorsement Oceania. Dengan demikian kita akan mendapatkan sebuah CQ WPX Award CW dengan stiker/tanda 3,5 MHZ dan Oceania. Jadi kita harus mampu mengajukan 1 diantara 4 kategori award diatas terlebih dahulu kemudian secara terpisah mengajukan endorsement-nya, namun semua itu dapat dilakukan dalam waktu yang sama.

Selain itu, terdapat pula CQ WPX Honor Roll dan CQ WPX Award of Exellence Plaque. Untuk Honor Roll dengan kredit minimal 600 WPX dan Award of Exellence Mixed dengan kredit minimal 1000 WPX, sedangkan SSB, Digital dan CW 600 WPX. Untuk diketahui bahwa kita akan mendapatkan sebuah plakat untuk program Award of Exellence, untuk program Honor Roll tidak ada sertifikat atau plakat yang diterbitkan tetapi nama dan callsign kita akan selalu tercetak pada sebuah halaman CQ Magazine pada terbitan pertama setelah pengajuan disetujui bersama penyandang Honor Roll lainnya dari seluruh dunia.

Biaya

Berikut biaya yang dibebankan oleh CQ Magazine (3 November 2014)
CQ WPX Award, Mixed, SSB, CW, Digital USD$ 12.00.
Setiap Endorsment USD$ 1.00
Kenaikan jumlah kredit dari kredit minimal (kelipatan 50 WPX) USD$ 1.00
Biaya kirim USD$ 1.50
Program Honor Roll USD$ 10.00 untuk bulan pertama dan USD$ 1.00 untuk bulan-bulan berikutnya.
Plakat Award Of Exellence USD$ 80.00, penambahan "bar"(band dan mode) USD$ 6.50, biaya kirim USD$ 13.00.
Jika kita seorang pelanggan CQ Magazine maka total seluruh biaya akan dikurangi USD$ 6.00. Jadi berapa total biaya yang harus kita bayarkan untuk sebuah sertifikat CQ WPX Award Mixed 21 Mhz Oceania ? Perhitungannya adalah $12 + $1 + $1 + $1.50 = USD$ 15.50.

INGAT !!! Biaya ini adalah biaya wajib yang harus anda bayarkan kepada CQ Magazine pada saat melakukan pengajuan, ada kemungkinan anda harus mengeluarkan biaya tambahan kepada pihak lain. Pembayaran ditujukan kepada manajer award melalui tunai atau cek serta PayPal.

Pengajuan

Pengajuan CQ WPX Award dapat dilakukan melalui manual atau online. Untuk pengajuan manual formulir dapat diunduh pada http://www.cq-amateur-radio.com/cq_awards/cq_wpx_awards/042908_cq_wpx_award_app.pdf . Isilah formulir tersebut dengan lengkap lalu kirimkan dalam amplop tertutup kepada

CQ WPX Award Manager,
Steve Bolia, N8BJQ
P.O.Box 355, New Carlisle, OH 45344

Perhatikan, untuk mengisinya dengan huruf balok, kita harus membuat pengajuan yang terpisah antara award dan endorsement, pada lembar ke-2 isikan daftar koleksi prefix WPX yang anda miliki secara berurutan mulai angka terkecil misalnya 4Z hingga huruf yang terakhir dalam urutan abjad misalnya ZS3.

Jika anda akan membuktikan kredit WPX anda menggunakan kartu QSL yang anda miliki, maka anda tidak perlu mengirimnya kepada manager award, tetapi anda harus mengirimkannya secara terpisah kepada CQ Award checkpoint terdekat yang dapat anda lihat daftarnya pada http://www.cq-amateur-radio.com/cq_awards/cq_waz_awards/cq_waz_checkpoint.pdf .
Anda dapat pula mengirimkan pengajuan melalui email ke alamat sbolia@woh.rr.com.

Langkah yang sedikit berbeda jika anda menggunakan data QSO pada LoTW atau eQSL.cc. Masuklah ke dalam akun LoTW anda, lalu anda pilih submenu "Award" kemudian pilih "Select CQ WPX Award Account" kemudian pada "Award Account Menu" pilih "Application". Anda akan berada pada halaman pemilihan kredit WPX. Disini anda dapat memilih data QSO yang akan dijadikan kredit WPX untuk diajukan kepada manajer award.

PENTING !!! Pilihlah data QSO yang memang benar-benar anda butuhkan sesuai dengan kriteria award dan endorsement yang akan anda ajukan, karena setiap data QSO yang anda pilih akan dikenakan biaya USD$ 0.12 oleh dan untuk LoTW. Setelah pemilihan kredit selesai klik "Continue". Anda akan dibawa kepada halaman pemilihan award atau endorsement yang akan anda ajukan sesuai dengan kredit yang telah anda pilih. Anda cukup memberikan tanda centang pada award yang ingin anda ajukan. lalu klik "Continue" maka anda akan masuk ke halaman pengisian data pribadi anda misalnya Callsign anda, nama, alamat pengiriman award dll. setelah selesai klik "Continue" dan anda akan tiba pada halaman terakhir langkah pengajuan award, disini anda akan dijelaskan biaya yang harus anda bayarkan kepada LoTW sesuai dengan jumlah kredit WPX yang anda pilih. Juga anda akan diminta mengisikan nomor kartu kredit anda yang akan anda gunakan membayar biaya yang ditagihkan atau berikan centang pada "I will pay by mail or FAX" jika anda menginginkan cara pembayaran yang lain.

Setelah selesai klik "Continue" maka selesailah langkah pengajuan kredit WPX melalui akun LoTW anda. Selanjutnya anda dapat mengisi formulir pengajuan yang dapat diunduh disini http://www.cq-amateur-radio.com/cq_awards/cq_wpx_awards/cq_wpx_awrd_app_office_2003.xls lalu mengirimkannya melalui email kepada manajer award dengan pemberitahuan bahwa anda menggunakan kredit WPX anda yang ada pada LoTW.


Jika anda memiliki akun eQSL.cc, anda juga dapat menggunakan data QSO yang ada didalamnya sebagai kredit WPX dengan syarat anda adalah anggota yang "Authenticity Guaranteed (AG)" dengan tingkatan Bronze atau yang lebih tinggi. Untuk memperolehnya, anda cukup memberikan sumbangan/donasi minimal USD$ 5.00 untuk tingkatan Bronze atau lebih untuk tingkatan yang lebih tinggi.

Jika anda telah memperolehnya, masuklah ke dalam akun eQSL.cc anda, lalu pilih icon "My Award", pada bagian "External Award Program" silahkan klik lambang CQ Magazine. Anda akan melihat sebuah table yang berisikan informasi tentang aturan award dan link "My Credit" disamping kanan setiap program award. Klik "My Credit" sesuai dengan program award yang anda inginkan. Kemudian anda akan dibawa kepada sebuah daftar yang berisi data QSO yang menurut eQSL.cc sah dan dapat diajukan sebagai kredit WPX. Jika anda memiliki banyak data QSO yang sah, maka anda tidak perlu khawatir untuk memilih semuanya sebagai kredit WPX anda, karena eQSL.cc tidak meminta biaya tambahan untuk pemilihan kredit WPX. Jika anda telah memilihnya, maka anda dapat mengirimkannya kepada manajer award dengan meng-klik "Submit To CQ".

Selanjutnya anda dapat mengisi formulir pengajuan yang dapat diunduh disini http://www.cq-amateur-radio.com/cq_awards/cq_wpx_awards/cq_wpx_awrd_app_office_2003.xls lalu mengirimkannya melalui email kepada manajer award dengan pemberitahuan bahwa anda menggunakan kredit WPX anda yang ada pada eQSL.cc.

Apabila semua tahapan tidak bermasalah, maka manajer award akan mengirimkan kepada anda sebuah konfirmasi pengajuan award dan lembar penagihan/invoice yang berisi daftar dan total biaya administrasi yang harus anda bayar. Lakukanlah pembayaran sesuai jumlah yang ditagihkan lalu beri kabar kepada manajer award dan bila pembayaran anda dinyatakan selesai maka anda akan segera menerima award anda dalam bentuk digital melalui email. Bentuk cetak award yang anda ajukan akan dikirim ke alamat yang anda tentukan, dengan waktu pengiriman yang diperlukan mencapai 20 minggu untuk sampai ke tangan anda.

Anda dapat menemukan petunjuk lengkap mengenai program CQ WPX Award di http://www.cq-amateur-radio.com/cq_awards/cq_wpx_awards/cq_wpx_awards.html

Semoga bermanfaat. Salam


73, YD4IRS

No comments:

Post a Comment