Saturday, February 11, 2012

Ready Stock.Tiga Unit Sistem Kendali untuk Antena RX K9AY


Ready Stock.Tiga Unit Sistem Kendali untuk Antena RX K9AY

YC0LOW, Jo

Dalam rangka latih-diri dan berbagi pengalaman dengan teman-teman dalam menggunakan antena RX pada top band, saya dibantu Helmi, seorang operator siaran RKM 99.5FM yang senang elektronika, sudah selesai membuat tiga pasang rangkaian pada kotak kendali (switch, dan RT-relay/transformer) untuk antena penerima K9AY (lihat Gbr. 1 dan Gbr. 2 di bawah ini).

Walaupun kami berdua bukan profesional builders, ini adalah upaya pengembangan ujicoba intensif terhadap sistem antena penerima yang kami lakukan belakangan ini. Paling akhir, dicoba di RadioLand di saat kontes CQWW CW 160m, Januari 2012 disaksikan oleh teman-teman.

Kami percaya bahwa produk ini akan memicu minat teman-teman Orari yang lebih ahli di bidang elektronika untuk membuat produk yang lebih bagus.

Penjualan diutamakan untuk pembeli yang dalam waktu dekat akan bekerja DX dalam kelompok, atau untuk operator pengelola stasiun Net Lokal yang menghadapi kendala penerimaan dengan antena TX-nya. Bukan pribadi. Tujuannya adalah supaya makin banyak yang bisa mendapat manfaat. Maaf, bila saya dan Helmi tidak bisa memenuhi semua permintaan.

Keutamaan produk ini adalah transformer-nya yang terbuat dari toroid Amidon BN-73-202. Komponen langka di Indonesia.

Harga Rp 500,000 per pasang, tidak termasuk ongkos kirim barang dan biaya pembelian bahan-bahan pembuatan antenanya (customer supplies) seperti: kawat tembaga, tiang bambu, isolator, tali plastik, kabel dan batang ground, kabel kontrol VDC tiga konduktor, coax, konektor coax dan lain-lain.

Standar produk sederhana ini adalah untuk feedline/coax 75 Ohm yang lebih mudah didapat dan lebih murah harga per meternya.


Gbr. 1. Kotak Power & Switch, dipasang di dekat txcvr 
Sengaja dibuat berukuran kecil agar mudah dibawa-bawa


Gbr. 2. Kotak Relay & Transformer dengan VDC terminal dan konektor tipe F (bawah). 
.Juga berukuran kecil. Kotak ini dipasang di feedpoint antena.K9AY


Gbr. 3. Isi Kotak Relay & Transformer untuk dua kawat loop ke empat arah
Masukkan ujung kawat loop yang sesuai ke lubang pada tuas logam di tiap kaki terminal agar koneksinya kuat.

.
Gbr. 4. Transformer Impedansi 6,25:1 untuk coax 75 Ohm.
Dipasang di dalam kotak Relay & Transformer 


Semua unit sudah diujicoba dan 100% dijamin bekerja baik sesuai standar teknis rx pada band-band 80m dan 160m. 

Pengiriman barang via pelayanan paket kilat tercatat dari PT Pos Indonesia hanya ke wilayah Indonesia, paling lambat Rabu, 15 Pebruari 2012.

Bila berminat, silakan menulis hanya ke e-mail yc0low(at)gmail.com atau tinggalkan komentar Anda pada blog ini. Maaf, saya tidak melayani panggilan telepon, pesan singkat (SMS) atau pesan Blackberry.

Buruan, tersedia hanya tiga unit!  

YC0LOW, Jo

No comments:

Post a Comment