Wednesday, September 12, 2012

Laporan singkat Hamfair Tokyo 2012


Laporan singkat Hamfair Tokyo 2012

YB3DIK, P Yusnanto

Atas himbauan Bp. President YBDXC YB4IR dan saya sebagai anggota YBDXC, saya dihimbau secara singkat membuat laporan kunjungan  ke Hamfair Tokyo 2012 pada tgl. 25 & 26 Agustus 2012.

Berangkat dari Surabaya 24 Agustus, bersama anggota YBDXC # 074. Hanya berdua saja, karena teman2 yang sedianya berangkat pada mengundurkan diri termasuk teman2 dari Jakarta.

Transit di KL 5 jam dan sempat ditemani dan dijamu oleh teman dari MARS 9M2RS Haji Abdul Rashid Bin Sutan adalah Technical Advisor Seanet Malaysia dan 9M2NZ Mohd Rashid A Gani (beliau2 ini sudah sering ke Indonesia untuk Hamfair). Saya sampaikan sedikit penjelasan tentang keberadaan YBDXC kepada mereka


Sampai di Tokyo jam 23:00 local time, dijemput oleh teman Jepang JH1HRJ Kazuaki Oya San.

25 & 26 Agustus, dengan ditemani Pak Syarif Hidayat JG1WCT dari KBRI Tokyo dan JH1HRJ, kami mengunjungi Hamfair digedung Tokyo Big Sight, Ariake. Bukan main anggota Ham Radio dari seluruh dunia tumplek bleg ditempat tsb. melimpah ruah, antrian masuk ke Hamfair sampai diluar gedung.


Kami kunjungi Club Station 8J1A setasiun kegiatan selama Hamfair berlangsung dan mengadakan special call disemua frekuensi. Saya merasa kagum melihat perlengkapan radio di club tsb. dengan radio2 type terbaru, kok tidak ada radio jadul ya ? Maklum radio saya hanya TS430S. Kapan ya saya/kita punya club station seperti mereka ? Tangeh lamun.


Kemudian ditrima baik dan penuh dengan rasa kekeluargaan di Club Fuyo Radio Amateur JI1YTF dan malamnya diundang dinner party direstoran Ginza Shinbansi dipusat kota Tokyo. Juga kami diundang malam itu diclub DXer BBQ. Saya diberi kesempatan untuk say "Hello" kepada mereka dan sedikit menjelaskan keberadaan YBDXC. Suasana sangat santai, penuh dengan kegembiraan dan betul2 saya rasakan persahabatan/persaudaraan sesama ham radio antar bangsa. 



Sempat eyeball QSO dengan DV1NLO, XV9BAE, KH2F, XV3AA, 3W3A, A71BR, YB0AKM, XV3NF, UA0LE, KH2JU, JW/JQ2GYU dll. sambil tukar menukar QSL card. 
Oleh Seanet Convention Bureau JA1BRK Yonemura Tachio (Chairman) kita diundang nanti di YOKOHAMA pada 5 - 7 Oct. 2013. Insya Allah teman2 bisa hadir.


Pulang ke Surabaya 29 Agustus, lewat Osaka (tidak jadi kepabrik ICOM) dengan Shinkansen, mampir di lokal Namba dan Izumisano. Di Bea Cukai Juanda tidak ada masalah walaupun kita bawa beberapa TX baru. Ma kasih OM Syarif.

Iki lho cak enake melok ORARI, weteng gak luwe, kancane sak jagad, nang endi2 free, hi, hi, hi.

Demikian Pak Imam Raharjo YB4IR semoga berkenan dan mohon maaf bila ada kekliruan..

Best 73's de YB3DIK, P Yusnanto, anggota YBDXC # 58

No comments:

Post a Comment