Monday, September 10, 2012

Pahlawan Award dan Nusantara Award

  Pahlawan Award dan Nusantara Award

 YB0NDT Karsono Suyanto

Liburan panjang menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia dan Libur Idul Fitri saya manfaatkan untuk melihat-lihat lagi QSL Card-QSL Card yang pernah saya terima semenjak tahun 2004 (Pertama kali saya menjadi Anggota ORARI). WAIA Award dan Borobudur Award sudah saya dapatkan.

Saya juga membaca persyaratan untuk mendapatkan Pahlawan Award.  Award yang di kelola oleh ORARI Daerah Jawa Timur, di mana saya harus memiliki 50 QSL Card dari Call Area 3, semua tingkatan harus saya miliki (YD3-YG3,YC3-YF3, YB3-YE3) dan saya juga harus memiliki minimal 20 QSL Card dari Station yang ada di kota Surabaya.

Saya sortir lagi QSL Card-QSL card tersebut, ternyata QSL Card saya dari Call Area 3 jumlahnya memenuhi persyaratan dan juga saya memiliki 20 Surabaya Station.

 QSL Card dari Call Area 3

Setelah semua persyaratan terpenuhi, tidak lupa saya  mengisi form K untuk claim award tersebut.

 Form K, Untuk Claim ORARI Award

Saya hubungi Om Adhi YB3MM, dan beliau kenal dengan Award Manager dari Pahlawan award tersebut yaitu Om Yan Bambang Susanto YB3CEV, dan saya sangat bersyukur om Adhi mau membantu saya untuk menyerahkan QSL card saya untuk di check oleh om Yan. Akhirnya  saya kirimkan via TIKI QSL Card dan from nya ke kantor om Adhi.
  
Dua hari setelah saya kirimkan, om Adhi memberikan kabar bahwa QSL Card dan Form K telah di terima. Saya sangat gembira saat saya menerima kiriman foto via Blackberry bahwa om Yan sedang menuliskan Pahlawan Award untuk saya.

 Om Yan YB3CEV sedang menulis Pahlawan Award untuk saya ... horeee ...

 Om Yan YB3CEV dan om Adhi YB3MM
  
 Pahlawan Award YBØNDT
  
Tanggal 17 Agustus 2012, juga telah di umumkan ke seluruh penjuru dunia, telah lahir award baru yang di buat oleh Indonesian Island Hunter Group yang bermarkas di New Jersey Amerika. Award yang di keluarkan bernama Nusantara Award. Ada juga websitenya www.nusantaraaward.com
Nusantara Award ini bisa di miliki asalkan sudah QSO dengan station yang QRV dari pulau-pulau di Indonesia. Untuk Claim Award tersebut cukup QSO dengan 10 Pulau dari YB Land dan confirm dgn QSL Card nya.

Lima pulau besar (main Island) mutlak harus ada.
Main Island yang di maksud adalah: Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali, Papua.  Tetapi setiap aplicant cukup dengan 5 (lima )pulau saja.  Dan lima  pulau lainnya bisa di cari, misalnya pulau Bangka, Pulau Belitung, Sumbawa Besar, Timor Island,  atau bisa juga ber QSO dengan teman-teman ORARI yang  melakukan DX pedition.

Saya membaca bahwa aplicant dari YB Land bisa melakukan claim award tersebut langsung ke Om Adhi YB3MM.   Saya pun mencari QSL Card untuk melakukan claim award tersebut:

 QSL Card saya untuk Claim Nusantara Award

Proses Claimnya juga tidak rumit. Dan biaya untuk aplicant dari Indonesia adalah Nol rupiah. Aplicant hanya menyertakan perangko balasan sebesar Rp.7500,- (Tujuh Ribu Lima Ratus Rupiah).

Setelah saya confirm mendapatkan Nusantara Award, saya juga membuka websitenya, ternyata award saya tercantum di sana dengan nomor 014. Sangat profesional. Dan sudah ada beberapa kawan dari YB Land yang mendapatkannya, bahkan ada beberapa amatir radio dari mancanegara telah mendapatkannya.
  
 Sampul Nusantara Award

 Nusantara Award YBØNDT

Award-award tersebut sudah tiba di QTH saya, sudah saya laminating dan siap saya pajang di ruang hamshack saya.

Terima kasih om Adhi YB3MM, terima kasih Om Steve W2FB, dan terima kasih untuk om Yan YB3CEV. 

 YB0NDT Karsono Suyanto

No comments:

Post a Comment