Tuesday, July 10, 2012

YE0M Usai, 9 Juli 2012

http://topbanddxdiindonesia.blogspot.com/2012/07/ye0m-usai-9-juli-2012.html

YE0M Usai, 9 Juli 2012

Aktivasi YE0M di Kaliage, Kepulauan Seribu, referensi IOTA OC-177, 60 km ke utara Jakarta usai. Saya mohon maaf karena kemarin, di sini, saya tulisYE0M sudah usai padahal masih ada satu hari lagi yaitu 9 Juli 2011 (UTC).

Versi artikel yang sekarang Anda baca adalah yang paling mutakhir. Total QSO adalah lebih dari 20K seperti terurai dalam Gbr.3 (paling bawah)


Gbr.1. Moonlight over Kaliage Island. Foto: Nana YD1LUX

Saya belum dapat kabar lanjutan berapa jumlah QSO mixed modes/bands-nya. Tapi, saya bukan ahli nujum, prakira saya, perolehan mereka akan lebih dari 16K. Sebuah jumlah yang cukup berarti untuk kegiatan YE0M dalam beberapa hari saja.

Saya pernah bertanya di forum OrariNews: apa rahasianya?

Gbr. 2. OM Manila (duduk, kaus hijau) merayakan hari ulang tahunnya ke-70 dengan awak YE0M

Sambil tunggu kawan-kawan Orari kembali ke Jakarta untuk berbagi pengalaman, saya ingin simpulkan analisis teknis (bukan analisis kemampuan/skill dan kompetensi operator-operatornya) sebagai berikut:
a. Jumlah QSO CW lebih besar ketimbang moda-moda lainnya. QSO rate pada moda CW bisa dua atau tiga kalinya moda-moda lainnya.
b. Jumlah band-band yang diaktifkan adalah 11 buah dengan 4 moda
c. Persiapan yang matang dan adanya alat-alat yang baik/terawat.
d. Jumlah operator dan SDM yang cukup banyak untuk pembagian tugas secara optimal
e. dll
Selama ini, DXpedition Orari ke Kepulauan Seribu - atau mungkin juga ke tempat-tempat eksotis lainnya di Indonesia - sering "terjebak" dan karena kurangnya perhatian kepada tiga hal di atas. Akibatnya, hasilnya pun kurang memuaskan. Jumlah QSOnya paling banyak 'hanya' sekitar 7.5K



Gbr. 3. Jumlah dan rincian perolehan final QSO dari YE0M, 2012

Bisa dilihat bahwa perolehan 102 qso CW dua-arah (Mults=22 DXCC) pada topband (160m) tergolong memuaskan mengingat musim ini adalah bukan musim yang sesuai untuk DXing pada 160m.

Jumlah QSO dari YE0M telah melampaui perolehan qso dari YB8Y, April 2012 di OC-221, yaitu 20.344. Tim ini telah membuat rekor baru yang fantastis di Indonesia! Ayo tim lain mana yang akan berhasil memecahkannya?

Sekali lagi, selamat bagi tim YE0M dan terima kasih bagi sponsor-sponsor DXpedisi Orari ini. Safe travelling back home!

Sudah pantas kiranya Orari melakukan rekrutmen/talent-scouting, pelatihan-pelatihan secara terbuka sistematis terhadap SDM baru yang berpotensi untuk kegiatan-kegiatan seperti ini di masa depan dalam rangka melanjutkan kegiatan DX-peditions-nya.

PS: where do we go next?

http://topbanddxdiindonesia.blogspot.com/2012/07/ye0m-usai-9-juli-2012.html

No comments:

Post a Comment