Monday, October 8, 2012

The DRAGON DX-ers Club

http://www.yb0ko.com/2012/10/the-dragon-dx-ers-club.html

DX-ers’corner . . . . . . .

The DRAGON DX-ers Club



Tim kontes CQWW YE2R: sebuah awal mula ...

Rerasanan tentang DDXC — Dragon DX Club, tak pelak kita harus  merujuk kepada YE2R, Tim kontes pada  CQWW yang telah  berkiprah sejak  dari  tahun 2009.
Sekitar  kwartal pertama tahun  itu,  dalam  ’ngobrol-’ngobrol santai antara Hans YB2DX  dan Seno YB2LSR terlontar gagasan untuk membentuk sebuah tim kon- tes yang melibatkan rekans DX-ers (terutama) dari Call Area 2, untuk bisa di”terjun”kan pada beberapa kontes internasional.
Sementara menjajagi kesediaan beberapa rekan untuk bergabung, mereka berdua menemui (untuk   memo- hon  advise) dari YB2AA, Ketua ORDA Jawa Tengah, yang ternyata menyetujui dan sangat mendukung ga- gasan tersebut.
Melewati beberapa proses, akhirnya didapatkan call- sign YE2R, yang kemudian disepakati bersama untuk digunakan pada kontes CQWW 2009 - SSB, dengan kategori yang pada mulanya masih belum ditentukan. Seiring berjalannya waktu, akhirnya ditentukan keikut- sertaan dalam kategori Multi-Two, dengan melibatkan DX-ers andalan Call Area 2:  YB2DX, YB2LSR, YB2ECG, YB2TJV, YB2VTO, YB2BOB, YB2CPO, YB2OBL, YB2SSB, YC2BBY, YC2JKG, YC2JVX, YC2KME, YC2PQW, YD2DNA dan “bon-bonan” dari Call Area 3: YB3MM dan YB3PXF sebagai Tim Kontes YE2R 2009.
Dengan perolehan score 2.254.293 untuk penampilan perdana dan menempati urutan #1 CQWW SSB Multi- Two INDONESIA, atau urutan #5 CQWW SSB Multi-Two OCEANIA, ini benar-benar sebuah prestasi yang cukup membanggakan untuk tahap awal.

Tahun 2010:
Untuk meng-optimalkan keberhasilan pada kontes CQWW 2010, anggota tim ditata kembali   untuk akhirnya menurunkan konfigurasi operator “Multi call areas”: YB1TJ, YB1WR, YB2CPO, YB2DX, YB2ECG, YB2LSR, YB2TJV, YB2VTO, YC2BBY, YB3MM, YB3KM, YB3PXF, dan YB9WZJ.
Hasil   yang   diperoleh   sungguh   luar   biasa:   score 4.999.390 menjadikan YE2R juara # 1 INDONESIA dan Juara #4 OCEANIA.

Tahun 2011 :
Keberhasilan dalam kontes CQWW dua tahun berturut- turut membulatkan tekad para anggota YE2R untuk tetap eksis di kancah kompetisi internasional.
Setelah rapat pada pertengahan Agustus 2011 di ORDA Jateng di Semarang, diputuskan bahwa Tim YE2R akan berlomba di kategori Multi-Multi di CQWW 2011 SSB, yang merupakan sebuah keputusan yang berani, namun berkat tekad dan kerjasama yang solid diantara para anggota tim semua halang rintang dalam persiapan menuju hari  kompetisi bisa  diatasi tanpa banyak kesulitan yang berarti
Pada hari-H diturunkan konfigurasi operator yang ter- diri dari YBØAI, YB1AR, YB1HK, YB1TJ, YB2DX, YB2BBY, YB2ECG, YB2LSR, YB2TET, YB2TJV, YB2VTO, YB3MM, YB3KM, YB3PXF, YB4IR dan YB9WZJ.
Walaupun kondisi propagasi  agak kurang bersahabat, perolehan score tim YE2R yang membukukan 4,801
QSO dengan Total Score 7,621,077, yang kembali me- nempatkannya pada ranking YB #1 dan OC #3 untuk kategori Multi Operator Multi Transmitter tetap dapat di masukkan kategori luar biasa, kembali membulatkan tekad untuk dapat mengulang kembali kenangan seba- gai a very  solid multi call areas & multi gender team work yang sudah 3 tahun berturut-turut menempatkan Grobogan pada peta konstelasi DX-Contest-ers tingkat dunia !!!

Tahun 2012 :
Menjelang CQWW Contest 2012, terbersit dalam ingat- an beberapa rekan penggiat YE2R untuk memberi nama atau identitas pada “kelompok” DX-ers ini. Me- lalui  beberapa  pertimbangan akhirnya  dipilih  nama DRAGON DX Club, dan tanggal 29 Februari 2012 disepakati sebagai hari kelahirannya.
Ini karena tahun 2012 (yang menurut kalender Cina dikenal sebagai tahun ber-shio Naga) ditengarai (dan diharapkan)  sebagai  tahun  yang  membawa banyak keberuntungan dan  kisah sukses  bagi rekan amatir yang tergabung di dalamnya, a. l.:
1. Ada dua pasang penggiat DDXC yang melangsung- kan pernikahannya di tahun Naga ini, yaitu YB2VTO dengan YB2BBY dan YB2TET dengan YB3MM.
2. YB2TJV, salah satu penggiat DDXC yang lain menda- patkan  tambahan harmonic  berupa  seorang  bayi naga kecil (Little Dragon) dalam keluarganya.
Dan last but not least, tanggal 29 Februari 2012 dipilih sebagai hari kelahiran club, karena tahun 2012 adalah tahun kabisat menurut perhitungan tahun Gregorian, sehingga tidak (terlalu) perlu untuk dipikirkan bagai- mana merayakan HUT-nya pada tiap tahun ;-)

BTW, Club ini bersifat “terbuka” (= TIDAK eksklusip), dalam arti anggotanya tidak harus larut dalam tabrak- an kepentingan (conflict of interest) antara keanggo- taannya dalam DDXC dan  keanggotaan dalam klub- klub lain, termasuk Club stations (kalau misalnya ada) di ORLOK atau ORDA-nya. Sebagai contoh, misalnya dengan posisi YB2DX sebagai Contesting Coordinator pada YBDXC, seperti juga YB2TJV yang bisa (dan harus) berdiri  dengan  masing-masing satu  kaki berpijak di DDXC dan YBDXC.
Dan, DRAGON DX Club hanyalah sekedar SEBUAH NAMA (paling juga buat disablon di kaos, atau tercetak di QSL-card) yang jelas bukan pengganti call sign resmi YE2R, yang tetap dan selalu akan menjadi callsign ke- banggaan bagi tiap anggotanya, sehingga TIDAK AKAN TERJADI ada anggota yang lalu me”lafal”kan: CQ DX CQ DX CQ DX, this is DDXC, Dragon DX Club from Grobog- an, Indonesia calling DX and standing bye ... atau di sela suatu pile up akan meneriakkan: Dee-dee-ex-cee atau Delta-delta-x-ray-charlie .....

Aktifitas :
Sejak 2009 aktifitas DDXC selama ini hanya pada kei- kut sertaan pada kontes CQWW SSB, yang tentunya harus bisa ditingkatkan dengan keikut sertaan pada kontes-kontes internasional lainnya, pada berbagai kategori dengan berbagai mode yang tidak terbatas pada SSB saja.
Lebih  dari  itu  tentunya diharapkan DDXC juga  bisa berkiprah khususnya pada berbagai faset kegiatan DX- ing lainnya, misalnya dalam berbagi pengalaman, memberikan penataran dan pelatihan (atau “pembe- kalan”) kiat-kiat DX-ing (termasuk meningkatkan ke- mampuan dalam CW) dalam rangka regenerasi dan talent scouting bibit-bibit unggul DX-ers dari Lokal-lokal di ORDA Jateng, DIY dan sekitarnya.
Rencana dalam waktu dekat stasiun YE2R — DRAGON DX Club akan mengambil bagian (lagi) dalam kontes CQWW SSB 2012 pada 27-28 Oktober 2012, dengan mengambil tempat di  QTH  Hans  Budiono  YB2DX, Jl. Pierre Tendean 17, Purwodadi - Grobogan 58111 ■

No comments:

Post a Comment