Saturday, March 31, 2012

Statistik Umum Perolehan QSO YB8Y


http://topbanddxdiindonesia.blogspot.com/2012/03/statistik-umum-perolehan-qso-yb8y.html

Statistik Umum Perolehan QSO YB8Y


Ini bukan artikel untuk bertepuk dada!

Sehubungan dengan terlampauinya sasaran 10.000 buah QSO oleh YB8Y (merupakan rekor baru dan skor tertinggi dalam sejarah kegiatan DXpedition + kontes CQWW WPX oleh tim Orari hingga pesan ini ditulis), di bawah ini saya sertakan statistik umum berisi data QSO YB8Y dari dari Club Log dalam bands, modes dan prosentasenya.

Titik berat saya berikan kepada LOW bands yang menjadi assignmentutama untuk saya dan kawan-kawan.

Pemuatannya tidak dimaksudkan untuk mengecilkan arti dan fungsi-fungsi segenap anggota tim yang bertugas pada band-band lain sesuai jadwal kerjanya melainkan hanya untuk menggambarkan perolehan secara obyektif dan rinci (lihat gambar bawah).


Sumber: http://yb8y.com/online-logs/

Prosentase perolehan mode CW yang rendah (di bawah 50% dari total QSO per band) hanya terjadi pada bands 20m dan 15m. Seingat saya memang telah terjadi kondisi propagasi buruk yang lama pada keduaband tersebut.


Gbr.1. OM Tatang YB1MH Spesialis band 6m.

Yang menyenangkan adalah melihat perolehan QSO lebih dari 50% padaband 6m yang dikawal oleh OM Tatang YB1MH (Gbr. 1.).

Saya sendiri luput menyaksikannya beraksi karena saat komunikasi dua-arah terjadi pada magic band tersebut, saya sedang tugas (atau sedang tidur, ya? Lupa saya).


Gbr.2. Ria, YB0KVM di samping Ito yang sedang merokok Jisamsu

Jumlah QSO dalam modeRTTY juga cukup mengesankan, menurut saya. Salah satu operator tangguhya adalah Ito-sanJA1PBY/WK1S. Satu-satunya warga negara asing dalam tim kami.



Gbr.3. Balun DX Engineering, 10KW pada feedpoint antena tx 160m

Adalah bukti bahwamother nature amat tajirdan senang memberi.
Di batang pohon kelapa setinggi 20m inilah kami menempatkan kerekan(pulley) untuk feedpoint + balun 1:1 bagi antena TXfull-sized dipole.

http://topbanddxdiindonesia.blogspot.com/2012/03/statistik-umum-perolehan-qso-yb8y.html

No comments:

Post a Comment