Sunday, December 11, 2011

Seri Mendapatkan DXCC Award, 0310

Seri Mendapatkan DXCC Award, 0310

DXCC Sulit? Tidak Juga! — Bila DXCC Sudah di Tangan                                                            

Donny Sirait, YB1BOD ex YB6LD

Setelah berhasil memperoleh piagam DXCC, sekarang apa lagi? Apa   berhenti jadi DXer? Jawabannya bisa ya dan tidak, ter- gantung pribadi masing-masing. Jika target utama kita adalah mendapat DXCC saja, kita boleh dengan tenang beralih pada aspek lain hobi kita yang luas ini. Inilah luar biasa- nya hobi kita ini di mana kita tidak akan pernah kehabisan bahan un- tuk berkarya. Jika kita ingin tetap menjadi DXer, masih banyak yang bisa dilakukan & inilah tujuan dari tulisan ini yaitu mencari kemung- kinan yang masih ada.

Endorsement, Honor  Roll  dan 5BDXCC
Satu tips bagi Anda   yang akan me- ngajukan klaim piagam DXCC: jika klaim Anda   adalah klaim awal, bu-
atlah klaim melebihi 100 entity, kare- na ada kemungkinan QSO bebera- pa entity ditolak atau belum diendors oleh ARRL untuk DXCC. Jadi ang- gaplah entity lebih itu sebagai jami- nan mendapat piagam yang dicita- citakan (sayang jika kita sudah me- ngirim aplikasi dengan biaya tidak sedikit tetapi kemudian belum ber- hasil karena kita tidak melebihkan jumlah entity yang di klaim).

Perhatikan aturan mainnya terma- suk ongkos yang harus ditanggung (ongkos mengembalikan kartu kita dalam hal LoTW belum Anda pa- kai). Anda   bisa mendapatkan infor- masi lengkap di situs http:// www.arrl.org/awards/dxcc/index.html. Setelah mendapat pia- gam DXCC dasar, program DXCC memberikan kesempatan kepada kita untuk mengendors jumlah entity yang kita peroleh sampai kita ber- hasil mendapat semua entity yang a- da di daftar DXCC yang berlaku. Endorsement tersebut dilakukan da- lam tambahan 50 entity di rentang 100 sampai 250, 25 entity dalam ren- tang 251 sampai 300 dan 5  entity ji- ka di atas 300. Sebagai bukti, ARRL akan memberikan stiker untuk di- tempel di piagam dasar dan label pin.

Peraturan ini agak berbeda untuk beberapa jenis DXCC (antara lain DXCC 160). ARRL juga memberi- kan single band DXCC 160 sampai 2 meter (siapa yang mau mendapat DXCC untuk 70 cm?) juga all phone, CW, mixed, RTTY bahkan Satellite. Untuk mereka yang berhasil men- capai 325 entity, mereka berhak mendapat tempat istimewa Honor Roll dan berhak mendapat plakat khusus dari ARRL (tentunya de- ngan biaya tambahan :)). Masih  ada juga yang namanya Honor Roll #1 bagi yang sudah berhasil mendapat semua entity yang ada di DXCC list (sayang sekarang P5 sudah dipaksa QRT oleh penguasa, entah kapan ijin itu akan diberikan lagi). ARRL juga menerbitkan 5BDXCC bagi yang berhasil mendapat 100 atau le- bih entity pada masing-masing band 80, 40, 20, 15 dan 10 meter. Keliha- tannya di Indonesia ini hanya untuk penegak saja. Anda   (yang belum penegak) sudah dapat mengangsur- nya dari sekarang dengan mendapat DXCC untuk band yang diperbo- lehkan saat ini, kemudian lengkapi saat sudah jadi penegak (itu salah satu alasan mengapa Anda   harus upgrade IAR!).


Piagam  lainnya 
Selain DXCC yang terkenal, ada banyak piagam prestisius lain yang patut Anda   pelajari seperti seri WAZ, WPX dan CQDX yang diterbitkan CQ Magazine. WAZ di- terbitkan dalam beberapa versi (se- perti DXCC) yaitu mixed, phone dan CW juga dengan bandnya, serta 5BWAZ (pemeriksaan kartu di In- donesia ada 3 orang yang telah di angkat oleh CQ Magazine yaitu YB0EBS, YC3HCM dan YB0ECT tetapi untuk piagam tertentu seperti WAZ  160, 5BWAZ dan beberapa lainnya, kartu harus dikirim lang- sung ke panitia di USA, lengkapnya lihat di http://www.cq-amateur-radio.com). Sepintas kelihatannya WAZ  lebih sederhana karena cuma butuh 40 kartu dari 40 CQ Zone; te- tapi ingat, ia mewakili penjuru du- nia (DXCC bisa dari sebagian besar saja). Karena itu tingkat kesulitan- nya cukup tinggi terutama untuk mendapatkan 5BWAZ. WPX lebih menarik jadi sasaran perantara ka- rena memberikan banyak kemung- kinan bagi kita. Jika ingin cepat mendapatkan padanan DXCC, da- pat membuat aplikasi CQDX kare- na aturannya sama
dengan DXCC kecuali tidak ada piagam mixed mode. Untuk keterangan selengkapnya, lihat pada link situs di atas.


Piagam yang diterbitkan organisasi amatir negara tertentu juga cukup menarik, seperti yang diterbitkan RSGB (program IOTA), REF (Pe- rancis), DARC (Jerman) bahkan Rusia yang mengelola piagam eks Uni Soviet (mereka punyai piagam yang sangat indah), Jepang (jadi ja- ngan mengeluh kalau kebanyakan kartu QSL dari Jepang), Australia dan lainnya. Mereka mempublikasi- kan persyaratan piagam pada situs resmi mereka. Sayang, kadang hal itu ditulis dalam bahasa ibu mereka. Jika tidak ada bahasa Inggrisnya, kita masih dapat mencari orang yang mengerti bahasa tersebut untuk membantu kita.

Petunjuk
Jika mau menjadi award hunter, se- baiknya miliki buku panduan Award yang diterbitkan oleh RSGB atau K1BV. K1BV memberi fasilitas langganan online setahun, lebih mu- rah dari membeli bukunya, jadi An- da bisa masuk ke dalam direktori- nya dan mendownload petunjuk dari sana. Cara lain adalah berselancar di Internet pada situs resmi organisasi amatir radio (kunjungi http://www.iaru.org). Jika keadaan finansi- al anda tidak mencukupi, baiknya li- hat dulu piagam mana yang akan diklaim. Saran saya, dahulukan yang prestisius dan indah baru kemudian yang lainnya. Jika Anda   mendapat direct QSL (biasanya disertakan green stamp atau IRC) jangan gunakan IRC untuk membeli perangko bala- san, karena panitia penerbit piagam biasanya menerima IRC sebagai biaya piagam. Untuk piagam utama, saran saya misalnya DXCC, WAZ, WPX, DUF Excellence, IOTA dan ditambah dengan berbagai piagam menarik lainnya. Jika sudah memili- ki piagam tersebut, Anda   sudah da- pat mengklaim bahwa hampir seluruh pelosok dunia sudah berhasil Anda   hubungi via stasiun Anda. Bagaimana kalau yang disebutkan di atas sudah diperoleh? Target ak- hir Anda   adalah DXCC Honor Roll #1 (sulit, karena banyaknya faktor di luar kendali kita seperti politik ekonomi dan lainnya).

Setelah itu Anda mungkin bertanya kalau itu pun sudah didapat, apa lagi? Anda   boleh mencoba Work All USA Counties atau mengulangi Honor Roll dengan QRP — kalau selama ini Anda sudah mendapat DX dari DXpedition, giliran Anda untuk memberikan DX kepada re- kan lainnya (seperti yang dilakukan JA1BK dan OH2BH).

Singkat cerita, semua ini tidak ada habisnya seperti DXer kawakan ON4UN, John D, pemegang 5BWAZ komplit No. 1 katakan “kepuasannya sekarang adalah membuat stasiun DX yang dapat bersaing dengan stasiun DX lainnya”, ia menyediakan stasiunnya untuk dicoba dalam persaingan kontes besar seperti CQDX, CQWPX, ARRLDX dan sebagainya sambil mencari stasiun yang masih dibutuhkan dalam band tertentu.

Inilah seri penutup kita. Selamat menjadi Award Hunter, semoga Indonesia memiliki lebih ba- nyak penerus Ucok, YB0WR.  Untuk memperoleh informasi tambahan, kunjungi http:// www.dxawards.com yang dikelola oleh K1BV. Anda dapat mencari informasi situs organisasi pener- bit piagam di sana.

VY 73 ES CUAGN DE YB1BOD
yb1bod@yahoo.com

referensi: Buletin Elektronis Orari News, BeON Edisi 10/III, Maret 2004, email penulis sekarang yb6ld@yahoo.com

No comments:

Post a Comment