Wednesday, April 25, 2012

“Morse Code Is Perfect” dengan Gmail Tap, rilisan Google yang baru.

http://www.yb0ko.com/2012/04/dalam-sorotan-01-0412_25.html


“Morse Code Is Perfect” dengan Gmail Tap, rilisan Google yang baru.

Gmail Tap yang diluncurkan Google persis pada ma- lam  hari  menjelang  Minggu  1  April  2012  memang langsung disambut anthusias oleh khalayak (terutama di lingkungan amatir radio) di seantero pelosok bumi. Betapa  tidak,  pagi  ini  (Rabu  18  April  2012)  kalau anda Search laman ‘mbah Google dengan mengetik “Gmail  Tap”,  maka  dalam  waktu  0.24  DETIK  akan muncul kurleb 25,800,000 hasil penelusuran (!!!)
Di  YB-land  para  pemerhati  mulai  tertarik  sewaktu pada hari Selasa 03-Apr-12 11:00 PM grup milis [YBDXC _News] menurunkan tulisan yang semula di- unggah oleh David M Wang W1ANG di QRZ.com Fo- rum dengan heading … Morse Code is back !!! Check it  out,  brilliant … yang seolah menggiring khalayak untuk membuka dan menyimak http://youtu.be/1KhZKNZO8mQ
Konon, suatu hari Reed Morse yang Software Engi- neer di Google menyampaikan ke David Brook (Vice President, Communication Services) gagasannya un- tuk menghadirkan (kembali) kode Morse di lingkungan pengguna smartphone (HP).

Reed Morse,  Software  Engi- neer Google


[ingat kan, bertahun yang lalu HP Nokia “mengethuk” dididit dadah dididit (sms) kalau ada SMS masuk]


Gagasan Reed - yang mengaku bahwa Samuel Morse (27 April 1791 – 2 April  1872, penemu kode Morse) adalah kakak dari kakek buyutnya (“great-grand father’s grandfather’s brother”) - membuat Brook benar-benar terkesan, dan kemudian menu- gaskan   Reed   Morse   sebagai Lead Engineer untuk proyek ini.


Gmail Tap mempunyai fungsi split-screen yang me- mungkinkan pengguna ber-multi tasking dengan me- ngirim 2 pesan yang berbeda ke 2 alamat yang ber- beda pula, atau seperti kata Brook: “Anda bisa sekali gus “mengucapkan” dua hal dengan jemari anda ketimbang   hanya satu hal yang bisa diucapkan oleh mulut (dengan bertilpun). Karenanya orang akan dua kali lipat lebih produktip, dan akan mungkin menulis surel (imil) kapanpun dia inginkan” 
“Morse code is  perfect,” timpal Gmail Tap Engineer Mitch Fedenko. “Hanya ada tombol titik/dot dan strip/dash. Apa lagi yang lebih sederhana dari itu?
(Gmail Tap menggantikan keypad QWERTY (ditemukan pada tahun 1874, dengan 26 tom- bol)  pada HP biasa dengan 2 tombol: dot dan dash saja)


Dengan hanya 2 tombol (yang tentunya sangat akrab bagi amatir radio dan Pramuka) orang akan bisa mengetik pesannya TANPA melihat ke layar, suatu hal yang mengun- tungkan bagi mereka yang harus mengirim pesan de- ngan diam-diam   (misalnya selagi lunch sama WIL/sling- kuhan tahu-tahu YF ‘nelpon, atau sedang ramé-ramé rapat bersama boss (tentunya kalau    boss   bukan   ”penghayat” CW juga).
Fitur lain yang di-iming iming- kan adalah mode “ship-to-shore”, yang akan meng- aktipkan senter yang ada di HP untuk berkomunikasi (tentunya dengan kode Morse) dengan rekan yang berada di “seberang laut-an” (lautan manusia, ten- tunya - bukan laut beneran).

Pada postingnya di orari-news bertanggal 9 April 2012 7:07 AM OM Purnama YC1PEI menulis:
…. Konsepnya bisa dibilang sama dengan kode Morse, dimana untuk mengetik sebuah huruf atau angka, cu­ kup dengan menekan kedua tombol dengan kombinasi tertentu …
Secara teori sih tentu lebih cepat dengan hanya fokus di 2 tombol dengan ukuran yang besar pula, tetapi kalau anda bukan orang yang pintar mengingat maka ini akan menjadi masalah tersendiri  ….

Product Leader Tod Smith mendemokan posisi tangan yang benar saat mengethuk CW dengan GmailTap:
“you can tap it in the morn- ing, you can tap it at night, you can tap it in the bath- room. It [takes] a dot and a dash to have a conversation with the entire world. …

Kalau anda membuka www.gmail.com/tap sampai habis, di samping bisa melihat ekspresi wajah Todd Smith (cucu bilang: “ini mah wajah rapper LL Cool”) waktu meng-simulasi-kan gerak jari dimana satu ta- ngan lagi “tapping” kedua tombol di keypad dan ta- ngan satunya menyangga HP di telapak tangannya (gambar atas dan kanan atas), pada menit ke 1:40 anda akan menemukan “petunjuk” bagaimana ca- ranya mengirim surel (imil) dengan me-ngethuk di HP, TANPA mengeluarkan HP tersebut dari kantong celana (’ngethuknya pakai tangan kiri, lageeee….),

Cara yang baik dan benar untuk mengirim surel dengan Gmail Tap [atas] dan mode “diam-diam” yang hanya berlaku dalam situasi darurat/emergency [bawah]



BTW, kalau anda membuka www.gmail.com/tap sampai habis dan mencoba untuk mengunduh program GmailTap “sesuai petunjuk”, maka anda akan mene- mukan kalimat-kalimat berikut:

Oops! Gmail Tap is a bit too popular right now. We suggest you try downloading it again next year…
dan (kalau anda tetap ngotot juga) ….
Still  trying to  download Gmail Tap?  Check back next April 1st to see if it is available … you never know !
yang”meyakinkan” bahwa semua itu cuma sekedar- hoax dan April-mop belaka.

OM Purnama YC1PEI di postingnya juga menyebutkan bahwa idée Gmail Tap ini  cukup bagus, tapi saya ingin menambahkan bahwa selain kocak juga brilliant dan layak untuk dikembangkan lebih lanjut dengan me- rubah karakter dan dijit menjadi kode biner (binary code) 0 dan 1, yang bisa di”artikulasi”kan dalam DOT dan DASH, sehingga misalnya kata “sms” bisa di-biner- kan (dan dikirimkan) dalam format 000 11 000 ….. !!!

BTW, inilah David Brook,  VP Comm. Service Google, yang melihat posisi/jabatannya Penyunting “syak” adalah biang kerok di belakang semua heboh tentang April fool yang satu ini …. [Ed.]

http://www.yb0ko.com/2012/04/dalam-sorotan-01-0412_25.html

No comments:

Post a Comment